Arti Istilah Gunung Dalam Dapur

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dapur secara harafiah berarti suatu tempat, biasanya di dalam rumah, di mana seseorang melakukan suatu aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan atau pangan.

Aktivitas seperti ini dinamakan dengan kegiatan memasak. Di sisi lain, kata dapur juga bisa mengacu pada aktivitas memasak ini maupun hasil daripada aktivitas ini.

Dapur merupakan salah satu tempat yang sangat sibuk dalam rumah. Bisa dikatakan, hampir semua masakan yang tersaji, disiapkan di dapur. Karena itulah peran dapur sangat penting.

Menurut feng shui, dikutip dari windesainrumahminimalis.com, dapur mewakili kesehatan penghuninya dan berhubungan langsung dengan istilah gunung. Nah, gunung di sini menunjuk pada keberadaan tungku, kompor dan dapur di suatu tempat.

Banyak orang salah menginterpretasikan istilah gunung di sini, sehingga beranggapan bahwa lantai dapur harus lebih tinggi dari lantai ruang lain di dalam rumah. Kesimpulan seperti ini adalah salah.

Selain bintang gunung harus sesuai, kegiatan memasak juga mengaktifkan bintang hadap di tempat tersebut. Jadi bintang hadap di tempat tersebut juga harus baik dan sesuai, seperti halnya pintu utama dan kamar tidur.

Hanya saja dapur adalah tempat dengan elemen Api. Karena itu paling tepat bila dapur diletakkan di posisi Kayu atau Tanah. Ketiga energi itu bila bertemu akan saling menghidupkan.

Kayu menghidupkan Api sementara Api menghidupkan Tanah. Dengan demikian tempat-tempat dengan bintang yang sedang jaya bisa digunakan untuk ruang atau kamar lainnya.

Yang perlu disadari, membuat seluruh lantai dapur lebih tinggi dari ruang-ruang lain sebenarnya lebih banyak bahayanya. Anak kecil dan orangtua yang lemah bisa jatuh tersandung.

Bila kita lupa mematikan keran pun, akan menyebabkan air di dalam tumpah dan membanjiri ruang rumah yang lebih rendah. Bila ingin memiliki lantai dapur lebih tinggi, sebaiknya cukup beberapa sentimeter saja. ** Baca juga: Bagaimana Feng Shui Kamar Mandi di Lantai Dua?

Meskipun begitu, ada bagian dapur yang perlu dirancang sedikit lebih tinggi. Yang dimaksud di sini tentu bukan lantainya. Tapi bagian yang berada tepat di bawah meja dapur yang memang rentan terhadap tumpahan air.(ilj/bbs)