oleh

Apa Sebab Wajah Jadi Bengkak Saat Bangun Tidur Pagi Hari?

Kabar6-Pernahkah saat bangun tidur di pagi hari, Anda mendapati pipi mendadak seperti bengkak? Beberapa wanita memang seringkali mendapati wajah termasuk pipinya tampak chubby dan bulat.

Disebutkan, kondisi seperti ini normal terjadi pada siapa saja saat bangun pagi. Jadi siapa saja bisa mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara spesifik di area tertentu dan hal ini juga bisa terjadi pada area wajah sehingga tampak bengkak atau chubby. Dilansir Vemale, ada empat penyebab mengapa wajah jadi bengkak saat bangun tidur:

1. Konsumsi garam, karbohidrat & makanan olahan secara berlebihan
Wajah yang bengkak pagi hari umumnya terjadi karena retensi air dalam tubuh, yaitu tubuh menahan air dan tidak dikeluarkan dari dalam tubuh. Kondisi ini karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, karbohidrat tinggi atau makanan olahan seperti sosis, kornet, keripik dan lainnya.

2. Kurang tidur
Tidak hanya mengacaukan imun tubuh, sering begadang atau kurang tidur juga membuat wajah bengkak saat bangun tidur. Hormon alami dalam tubuh benar-benar dipengaruhi oleh waktu tidur. Kurang tidur bisa mengganggu kinerja hormon yang melawan inflamasi dalam tubuh. Inflamasi justru akan semakin terlihat ketika kurang tidur, salah satunya timbul di wajah.

3. Kurang olahraga
Kalori dan lemak yang ditumpuk membuat wajah terlihat bengkak di pagi hari. Jadi agar tidak bengkak disarankan agar Anda rutin berolahraga.

4. Minum alkohol
Anda yang gemar mengonsumsi bir atau minuman beralkohol lainnya, kemungkinan besar akan bangun dengan wajah bengkak karena tubuh menahan air di tubuh. Wajah bengkak akan kembali seperti semula jika Anda minum lebih banyak air putih. ** Baca juga: Rumah Sakit Siloam Silampari, Wujud Komitmen Siloam Untuk Indonesia

Jadi untukmenghindari wajah bengkak saat bangun tidur, mulailah menjalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru