oleh

Angkut Arus Balik Dari Pelabuhan Merak, 485 Bus Dioperasikan

Kabar6- Mulai Kamis hingga puncak arus balik lebaran 2012  disiapkan 485 unit bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) dan 4 bus antar-kota dalam provinsi (AKDP) dioperasikan mengangkut penumpang  di Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon.  Puncak arus balik Lebaran 2012 dari Pelabuhan Bakauheuni, Lampung yang tiba di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi pada Sabtu (25/8).

Kasubag UPTD Terminal TTM Kota Cilegon, Robbi Hasanudin mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Pelabuhan Bakauheuni, pihaknya juga sudah menyiapkan bus cadangan sebanyak 125 unit. “Kita antisipasi jangan sampai ada penumpang yang terlantar gara-gara tidak ada bus,” ujar Robbi Hasanudin kepada wartawan.

Terkait gelombang arus balik yang datang dari Pulau Sumatera, kata Robbi, pihaknya selalu berkoordinasi dengan petugas Perhubungan dari Ditjen Hubungan Darat yang ada di di Bakauheuni, Lampung. “Dengan dilakukannya kordinasi, kita tahu berapa besar gelombang arus balik dari Pelabuhan Bakauheuni,” tegas Robbi.

Diprediksi , puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada Sabtu (25/8), mendatang. “Untuk puncak arus balik para PNS sudah terjadi pada Selasa (21/8) malam lalu. Sedangkan gelombang arus balik karyawan swasta akan terjadi pada Sabtu dan Minggu,” kata Robbi.

Di Terminal TTM Merak, meski mengalami peningkatan, suasana terminal nampak lancar dan teratur. Tidak terlihat calon penumpang yang berebut masuk ke dalam bus. Berdasarkan data kantor UPTD Terminal TTM , jumlah pemudik yang sudah diberangkatan kesejumlah kota di Pulau Jawa pada Kamis (23/8) hingga pukul 08:00, sebanyak 12.502 orang.(pk/sak)

Berita Terbaru