oleh

Alasan Minuman Dingin Terasa Lebih Segar Dibanding Minuman Hangat

Kabar6-Saat cuaca panas terik, atau setelah olahraga di ruang terbuka, banyak orang lebih memilih minuman dingin seperti segelas es teh manis, dibanding menyeruput secangkir teh panas.

Apa sih yang membuat minuman dingin terasa lebih segar dibandingkan minuman dengan suhu ruangan, hangat, atau panas? Peneliti dari Cardiff School of Biosciences, Inggris, melansir womantalk, mencari tahu mengapa stimulan dingin seperti minuman dingin, es krim, atau es loli dianggap sebagai sensasi yang nyaman atau menyenangkan di mulut, terutama di hari panas atau saat haus.

Rupanya, reseptor dingin pada indera peraba manusia jumlahnya lebih banyak dibandingkan reseptor panas. Jika reseptor dingin pada kulit tubuh berfungsi mengatur temperatur internal tubuh, maka reseptor dingin pada area mulut cenderung bekerja pada apresiasi makanan atau minuman.

Masih menurut studi tadi, sama halnya dengan manusia yang secara instingtif mencari tempat adem atau ber-AC saat kepanasan demi melindungi suhu internal tubuh dari kenaikan, minuman dingin di hari panas atau kala haus juga cenderung melindungi kandungan air di tubuh kita dari penipisan atau dehidrasi. ** Baca juga: BAB Dapat Pengaruhi Berat Badan?

Jenis minuman apa yang menjadi favorit Anda saat cuaca terik? (ilj/bbs)

Berita Terbaru