oleh

Ade Irawan Pimpin Badan Pekerja ICW

Kabar6-Terhitung sejak 1 Maret 2014, Ade Irawan, resmi menjabat sebagai Koordinator Badan Pekerja di Indonesia Corruption Watch (ICW).

Pria kelahiran Tangerang 5 April 1977 ini, menggantikan posisi Danang Widoyoko, yang saat ini tengah menyelesaikan studi S3 di Australia National University.

Semenjak bergabung di lembaga antikorupsi pada 2001 silam, perjalanan karir Ade, terbilang cukup cemerlang.

Dia, mengawali karirnya di ICW sebagai relawan, kemudian diangkat sebagai Koordinator Monitoring Pelayanan Publik. Tak lama berselang, ia diangkat sebagai Koordinator Monitoring Korupsi Politik, lalu menjadi Wakil Koordinator, sebelum akhirnya diangkat sebagai Koordinator Badan Pekerja.

Dalam rilisan resmi ICW yang dipublikasikan pada Jum’at (14/3/2014), Ade Irawan, dinilai mampu memimpin ICW untuk semakin aktif dan kreatif dalam memberantas korupsi. Pasalnya, Ade memiliki bekal pengalaman yang cukup dalam advokasi dan managemen program.

Pergantian ini juga menandai regenerasi di ICW dan terutama regenerasi aktivis untuk memberantas korupsi yang mengakar di Indonesia.

“Ya, saya dipercaya rekan-rekan sebagai Koordinator Badan Pekerja ICW. Mohon dukungannya,” ungkap Ade, kepada Kabar6.com.

Menurutnya, disisi internal organisasi ICW yang memiliki personil sebanyak 30 orang ini, dinilai dirinya makin kuat dan modern. Hal ini, ditandai dengan terus adanya perbaikan pada aspek manajerial dan tata kelola organisasi

Dan, yang lebih menggembirakan serta membangkitkan semangat para pegiat antikorupsi dalam menjalankan tugas mulia tersebut, terus mengalirnya dukungan dari sisi eksternal yakni, perlawanan kelompok masyarakat sipil terhadap korupsi yang tampak makin kuat dan teroganisir.

“Saya berharap korupsi di Negeri ini berkurang atau hilang, sehingga kesejahteraan rakyat dapat terwujud dengan baik,” katanya. **Baca juga: Babak Belur, Ini Pengakuan Pelaku Pecah Kaca.

Berikut profil singkat Ade Irawan :

Nama : Ade Irawan
Tempat Tanggal Lahir : Tangerang, 5 April 1977
Pekerjaan : Dosen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Alamat : Tangerang- Banten

Pendidikan :
-SMA Negeri I Balaraja, Kabupaten Tangerang, Tahun 1996
-Strata satu (S1), Akuntansi IkIp Jakarta, Tahun 2002

Pengalaman :
-ICW (Volenteer, tahun 2001, Koordinator Pelayanan Publik, tahun 2004, Koordinator Korupsi Politik, tahun 2010, Wakil Koordinator tahun 2012 dan Koordinator Badan Pekerja tahun 2014- sekarang)
-Peneliti Australia National University, tahun 2012

Karya Tulis :
Judul Buku
1. Utang Yang Memiskinkan
2. Korupsi Pemilukada
3. Mendagangkan Sekolah
4. Buruk Wajah Pendidikan
5. Berkah Proyek Hibah
6. Sekolah Harapan Sekolah Bebas Korupsi
(din)

Berita Terbaru