oleh

Besok Paus Fransiskus Tiba, Begini Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta

image_pdfimage_print

Kabar6-Pemerintah Republik Indonesia mengaku telah siap menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Pemimpin Gereja Katolik ke-266 itu berencana akan melakukan serangkaian agenda kegiatan yang semuanya berlangsung di Jakarta.

Paus Fransiskus dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Selasa, 3 September 2024 besok. Kedatangannya akan disambut dengan prosesi upacara resmi kenegaraan.

“Akan disambut dengan fasilitas jalur VIP pemeriksaan keimigrasian,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi, Senin (2/9/2024).

**Baca Juga: Penumpang Luar Negeri di Soetta Wajib Isi Keterangan SatuSehat

Menurutnya, layanan VIP tersebut juga diberikan kepada pejabat dinas dan diplomatik yang mendampingi Paus Fransiskus dalam kunjungan apostoliknya. Tim pengawas keimigrasian disiagakan pada sejumlah titik strategis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Subki mengatakan, hal itu untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemeriksaan keimigrasian. “Persiapan ini dilakukan untuk menjamin kunjungan Paus Fransiskus berjalan lancar dan aman, mengingat tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut kedatangan beliau,” katanya.

Fasilitas keimigrasian di terminal VIP ini diharapkan dapat mempercepat proses pemeriksaan di tengah padatnya aktivitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Layanan VIP disebutkan juga pernah dilakukan saat perhelatan KTT G20 dan KTT ASEAN

Selain memastikan kelancaran proses keimigrasian, otoritas Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Koordinasi demi menjamin keamanan bagi Paus Fransiskus beserta rombongan selama melakoni lawatan di Indonesia.

“Tim pengawasan akan bekerja sama dengan otoritas bandara dan aparat keamanan komunitas Bandara Soekarno-Hatta untuk menjaga kelancaran selama proses kedatangan,” ujarnya.

Ia berharap, fasilitas keimigrasian yang disediakan dapat mendukung kelancaran kunjungan apostolik dari Tahta Suci Vatikan. Termasuk pelaksanaan Misa akbar yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Sementara itu, sebanyak 270 personel keamanan gabungan telah ditugaskan untuk menjaga keamanan Paus Fransiskus yang bernama lahir Jorge Mario Bergoglio itu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Agenda lawatan Paus Fransiskus di Indonesia mulai 3-6 September 2024. Adapun kunjungan terakhir pemimpin Gereja Katolik yakni Paus Yohanes Paulus II ke Indonesia pada 1989 silam.(Yud)

Print Friendly, PDF & Email