oleh

Peran IAD Sangat Strategis dalam Mendukung Akselerasi Kejaksaan Wujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas

image_pdfimage_print

Kabar6-Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Ny. Sruning Burhanuddin memberikan sambutan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-24 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Tahun 2024. Tema HUT tahun ini mengusung “Penguatan Peran Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Mendukung Upaya Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”.

Ketua Umum IAD menyampaikan bahwa IAD sebagai organisasi istri pegawai dan pegawai perempuan Kejaksaan mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung tercapainya peran dan fungsi Institusi Kejaksaan terutama dalam transformasi mewujudkan penegakan hukum modern, dengan menjadi institusi yang kuat, handal, adaptif dan transparan.

“Momentum Hari Ulang Tahun IAD tahun ini menjadi titik awal, lecutan  semangat bagi seluruh anggota IAD agar dapat meningkatkan kualitas diri, memperkuat organisasi dan meningkatkan peran organisasi, baik di Lingkungan Kejaksaan maupun di masyarakat,” ujar Ketua Umum IAD, Minggu (21/7/2024).

** Baca JugaPeringgi Kejagung Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Adapun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini merupakan organisasi yang mandiri dan mempunyai tujuan di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

Untuk meningkatkan peran IAD dalam mendukung upaya akselerasi Kejaksaan guna mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas, Ketua Umum IAD menyampaikan tiga pilar yang menjadi tujuan organisasi, yaitu:

Pilar pertama adalah Bidang Pendidikan, yang menjadi salah satu pilar penting dalam penguatan peran IAD. Sekolah-sekolah Adhyaksa yang telah berdiri dan berhasil mencetak generasi-generasi unggul di berbagai daerah, perlu untuk dikekelola secara profesional dan mempunyai standar yang sama di seluruh Indonesia;

Pilar kedua adalah Bidang Ekonomi, IAD melalui program-program kerja yang telah ditetapkan, berusaha untuk mendorong dan mendukung pengembangan UMKM melalui pelatihan-pelatihan bagi anggota IAD, penyelenggaraan event bazar dan pasar murah serta pemanfaatan teknologi untuk pemasaran produk UMKM agar dapat memperluas pasar;

Pilar ketiga adalah Bidang ⁠Sosial Budaya, melalui kegiatan bakti sosial, pelestarian kesenian dan budaya setempat serta kepedulian terhadap lingkungan hidup, IAD telah mampu memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat sekitar.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum IAD juga menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh anggota IAD di mana pun berada agar dapat menjadi pedoman dalam kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat:

Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai fondasi yang kokoh dalam menjalani peran sebagai seorang ibu dan atau sebagai perempuan pendamping suami maupun sebagai seorang Wanita karier.

Tingkatkan kualitas dan potensi diri untuk pencapaian kinerja yang optimal, berkaryalah dengan inovasi cerdas memanfaatkan teknologi yang ada dan menjunjung tinggi profesionalisme organisasi sehingga dapat membawa manfaat untuk seluruh masyarakat sesuai dengan tujuan Organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini.

Tingkatkan kualitas waktu bersama keluarga, ciptakan lingkungan keluarga yang harmonis. Lingkungan keluarga yang bahagia dapat membentuk pribadi anak menjadi lebih siap menghadapi tantangan di era globalisasi. Selain itu, para suami dapat lebih fokus bekerja dalam upaya akselerasi mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas.

Anggota IAD memiliki peran penting untuk menjunjung tinggi kehormatan institusi Kejaksaan, organisasi dan keluarga, dengan senantiasa mengingatkan suami agar menghindari perbuatan tercela dan selalu menjaga citra positif dan marwah Kejaksaan.

Tingkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap organisasi dan institusi Kejaksaan, dengan menjaga sikap dan perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Jadilah bagian dari pembangunan ekonomi dengan melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap UMKM serta mengutamakan pemakaian produk dalam negeri.

Tingkatkan kepedulian terhadap pengelolaan sekolah-sekolah Adhyaksa dan saling bekerja sama dan mendukung terbentuknya yayasan pendidikan di bawah naungan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini sebagai salah satu upaya kita untuk menyiapkan generasi emas.

Berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat melalui kegiatan bakti sosial, kegiatan keagamaan di lingkungan setempat, peduli terhadap pengelolaan lingkungan dan turut melestarikan kebudayaan daerah. Sehingga kita dapat mengambil peran untuk memberikan solusi di tengah-tengah permasalahan yang ada di masyarakat.

Menutup sambutannya, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini mengucapkan “Selamat Ulang Tahun ke-24 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini! Semoga Allah Subhanahu Wata’alla, Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan mengiringi langkah kita beserta Korps Adhyaksa untuk dapat ikut serta mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas,” pungkas Ketua Umum IAD. (Red)

Print Friendly, PDF & Email