oleh

70 Petugas Operator SIAK di Tangsel Ikuti Bintek

Operator SIAK di Tangsel ikuti bintek aplikasi versi 5.7.(yud)

Kabar6-Terhitung mulai tahun depan Kartu Identitas Anak (KIA) di seluruh wilayah Indonesia akan dicetak, termasuk di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dan, agar program nasional ini dapat berjalan lancar, sebanyak 70 petugas operator ini diberikan bimbingan teknis.

“Kenapa petugasnya perlu diberikan pelatihan?, karena program ini menggunakan sistem aplikasi terbaru. Yakni versi 5.7,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel, Toto Sudarto, Jum’at (6/5/2016).

Menurutnya, versi 4 yang lama sudah tidak dipergunakan lagi. Oleh karena itu, semua petugas operator tingkat kelurahan‎ dan desa di Tangsel, perlu dibekali pengetahuan terkait sistem aplikasi versi 5.7.

Toto jelaskan, mentor pelatihan didatangkan langsung dari Kementerian Dalam Negeri. Selama kegiatan bimbingan teknis berlangsung para operator dibekali pengetahuan menginput data serta mengoperasikan aplikasi versi 5.7.

Toto mengakui bila semua petugas operator di tingkat kelurahan/desa sudah mahir menggunakan sistem aplikasi yang lawas. Aplikasi 4 dapat berfungsi‎ untuk mencetak sejumlah dokumen Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) pada umumnya. **Baca juga: Pemuda Maling Disergap Warga Tangsel.

“Kalau aplikasi versi yang lama hanya untuk mencetak akta, akta kematian, dan lainnya. Namun, program SIAK kini memiliki versi terbaru yakni versi 5.7 yang juga bisa mencetak KIA,” jelasnya. **Baca juga: Tiga Toko di Ciputat Ludes Terbakar.

Toto menambahkan, ‎dalam bimtek disampaikan pengenalan umum instalasi dan simulasi modul SIAK versi 5.7 serta troubleshooting perangkat perekaman hingga ke langkah penyetakan KIA.‎ **Baca juga: Salat Jumat di Tangerang, Mobil Anggota Dithubad Dibobol Maling.

“Agar nantinya mereka bisa mencetak KIA dan tahu apa saja cara dan persyaratannya,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru