oleh

Libur Panjang, Wisata Religi Banten Diserbu Pengunjung

Makam Syekh Muhammad Soleh di Bojonegara, Kabupaten Serang.(sus)

Kabar6-Petilasan sekaligus makam santri dari Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati, yakni Syekh Muhammad Soleh di Gunung Santri, Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, ramai diserbu wisatawan pada libur panjang pekan ini.

Kenaikan jumlah pengunjung di lokasi wisata religi tersebut, bahkan mencapai 75 persen dibanding hari biasa.

Pantauan kabar6.com Jumat (6/5/2016), kebanyakan wisatawan datang bersama bersama keluarganya. Umumnya pengunjung merupakan warga Banten baik dari Cilegon, Pandeglang, Tangerang hingga Serang.

Salah seorang wisatawan asal Kota Serang, Rohili mengaku lebih memilih berwisata ke Gunung Santri dibanding Pantai Anyer, lantaran khawatir terjebak macet.

“Wisata religi memang menjadi pilihan kami dan keluarga untuk menghabiskan waktu libur. Apalagi kalau ke pantai kan pasti sangat macet. Lebih baik kesini, supaya waktu liburan bersama keluarga tercinta lebih berkesan,” katanya.

Tak hanya itu, melalui wisata religi ia juga bisa mengenali sejarah yang belum ketahui. Terlebih, Gunung Santri merupakan salah satu lokasi bersejarah penyebaran agama Islam di tanah Banten.

Sementar, salah seorang penjaga makam, Solihin menuturkan, Gunung santri diketahui sebagai tempat patilasan dan makam dari Syekh Muhammad Soleh yang dikenal sebagai santri dari Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati, saat menyebarkan agama Islam di wilayah Banten, khususnya wilayah bagian utara. **Baca juga: Salat Jumat di Tangerang, Mobil Anggota Dithubad Dibobol Maling.

Hingga kini, Gunung Santri tetap ramai dan selalu dikunjungi para peziarah dari pelosok negeri untuk turut mendoakan dan mengenang sejarah. **Baca juga: Liburan, Citra Raya Bike Community Gowes Tangerang-Lampung.

“Beliau pernah ditugaskan menemui Sultan Maulana Hasanudin sambil menyebarkan ajaran Islam di Banten,” kata Solihin.(sus)

Berita Terbaru