oleh

486 Napi Nyoblos di Tiga Lapas Tangerang

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi.(FB)

Kabar6-Ada ratusan orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dipastikan besok dapat nyoblos ke bilik-bilik suara yang telah disiapkan. Mereka dinyatakan bisa menggunakan hak pilihnya setelah resmi tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017.

“Warga binaan yang tercatat sebagai pemilih ‎totalnya ada 486 jiwa. Dan jumlah tersebut tersebar di tiga titik lokasi,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan‎ Umum (KPU) Kota Tangerang, Sanusi Pane kepada kabar6.com, Selasa (17/2/2017)

Pane memaparkan, pada Lapas Pria Klas I yang terletak di Kecamatan Babakan‎, total jumlah pemilih ada sebanyak 68 jiwa. Puluhan warga binaan itu akan nyoblos di Tempat Pemungutan suara (TPS) 27.

Kemudian di Lapas Wanita Klas II A, lokasinya masih terletak di wilayah yang sama jumlah pemilih hanya mencapai 20 jiwa. Mereka akan difasilitasi nyoblos di TPS 28.

Sedangkan di Lapas Pemuda Klas II A yang berletak di Kecamatan Buaran Indah, Kota Tangerang, Pane sebutkan, terdapat dua TPS. Yakni, di TPS 36 jumlah pemilih ada 187 jiwa, dan pada TPS 37 sebanyak 211 orang warga binaan.

Ia juga membenarkan seputar ada banyak warga binaan yang berdomisili di wilayah Banten tapi tak bisa menyalurkan hak politiknya di pesta demokrasi lima tahunan ini. “‎(alasannya) Non KTP-Elektronik,” paparnya singkat.**Baca juga: 7.188 Warga Suku Baduy Siap Nyoblos.

Ditanya ihwal berapa jumlah narapidana yang mendekam pada tiga Lapas di atas penyandang predikat sebagai “penduduk gelap”. Pane mengaku lupa ihwal jumlah persis warga binaan yang tidak punya hak pilih.**Baca juga: Tahanan Lapas Wanita Tangerang Nyoblos di TPS 28.

“Yang pasti jumlahnya banyak sekali. Warga binaan tersebut tidak memenuhi persyaratan yang telah diatur dalam konstitusi,”  terang bekas awak media cetak harian terbitan skala lokal tertua di Banten ini.(yud)

Berita Terbaru