oleh

Petugas Ambil Sempel Limbah Diduga Berbahaya di CV Ebreg Battery

Pengambilan sempel limbah di CV Ebreg Battery.(agm)

Kabar6-Petugas gabungan dari Bareskrim Mabes Polri, Puslabfor dan BLHD Kabupaten Tangerang, mendatangi CV Ebreg Battery di Kampung Cilongok, Desa Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Selasa (14/2/2017).

Ya, kedatangan petugas ke pabrik peleburan timah itu guna mengambil sempel limbah cair, menyusul mencuatnya dugaan bila limbah hasil produksi pabrik itu berpotensi mencemari lingkungan, mengingat pabrik tersebut masih belum Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Selain persoalan limbah, kehadiran petugas juga guna melakukan pengecekan terhadap perizinan pabrik tersebut.

“Benar dari Mabes Polri tujuh orang, kami dampingi ke lokasi untuk memeriksa perizinannya,” ungkap ‎Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian BLHD Kabupaten Tangerang, Nestri saat dihubungi kabar6.com.‎

Sedianya, sample limbah di CV. Ebreg Battery itu nantinya akan dilakukan uji lab di laboratorium BLHD Kabupaten Tangerang yang sudah terakreditasi.

“Kami ikut mendampingi karena untuk uji lab limbah cair akan dilakukan disini, tetapi untuk limbah padat ujilabnya dilakukan langsung oleh Puslabfor Polri,” kata Nestri.**Baca juga: Ini Objek Vital Fokus Pengamanan Polrestro Tangerang Saat Nyoblos.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan terkait kandungan zat berbahaya apa saja yang ada dalam limbah cair peleburan timah. Hal itu dikarenakan hasil uji lab sendiri baru bisa dipastikan satu minggu setelah dilakukan penelitian.**Baca juga: Ombudsman: 2016 Kota Tangsel Masuk Zona Kuning.

“Kami belum bisa memastikan kandungan zat berbahaya apa saja yang terdapat dalam limbah cairnya karena masih dilakukan penelitian,” tukasnya.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum didapat konfirmasi dari pihak CV Ebreg Battery terkait dugaan limbah berbahaya tersebut. Meski demikian, redaksi kabar6.com masih terus berupaya melakukan konfirmasi.(agm)‎

Berita Terbaru