oleh

30 Anak di Banten Terjangkit HIV/AIDS

Kabar6-Sepanjang 2015, tercatat ada 30 anak di Provinsi Banten yang terjangkit Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

 

Hal itu diungkap oleh sumber internal dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Banten dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten.

 

Ketua LPA Provinsi Banten, Iip Syaripudin, mengatakan sedianya memang belum banyak kasus HIV/AIDS yang terungkap di Banten.

 

“Bisa jadi jumlahnya lebih banyak lagi, karena korban tidak berani melapor,” ujar Iip, Selasa (1/11/2015). “Kami belum mempunyai data lengkapnya, tapi kemungkinan bisa saja,” ujarnya.

 

Kemungkinan itu pun dibenarkan oleh Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait. Itu mengingat dari data nasional, Banten masuk jajaran daerah yang memiliki anak terjangkit HIV/AIDS.

 

“Saya yakin yang terungkap lebih banyak, secara nasional kan ada datanya, dan Banten masuk salah satunya, yang tinggi memang di Jawa Barat. Itu karena jumlah penduduknya banyak dan banyak yang melapor,” ujarnya setelah mengisi salah satu acara di Pendopo Gubernur KP3B.

 

Arist melanjutkan, kondisi tersebut menunjukan bahwa perhatian dan program Pemerintah masih kurang efektif dalam hal menyikapi persoalan-persoalan anak-anak. ** Baca juga: Ketua DPRD Desak Pemkot Cilegon Tutup Seluruh Warem

 

“Pemerintah harus serius dalam membetuk program, jangan program yang bersifat proyek tapi program yang berbasis pada masyarakat,” ujarnya.(fir)

Berita Terbaru