oleh

Cenderung Meningkat, Pemkot Tangsel Bakal Gulirkan Perwal Penanggulangan HIV AIDS

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot) menyambut baik usulan Peraturan Walikota (Perwal) tentang Penanggulangan HIV AIDS.

“Pemerintah daerah wajib meminimalisir dan menanggulangi HIV AIDS,” ujar Asisten Daerah (Asda) I Kota Tangsel, Dadang Rahardja saat membuka kegiatan Stakeholder Meeting at District Level Kota Tangsel di salah satu hotel di BSD, Serpong pada Selasa, (6/12/2022).

Karena itu, sambung Dadang, untuk pengendalian HIV AIDS di Pemkot Tangsel membutuhkan payung hukum.

Di Kota Tangsel sudah mempunyai Peratuean Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengendalian HIV AIDS.

“Sudah ada Perda. Kita perkuat dengan Perwal juga agar lebih maksimal aturan hukumnya,” terangnya.

Dalam pemaparannya, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Aprilia Krisliana mengatakan, kondisi angka temuan kasus HIV AIDS setiap tahunnya cenderung meningkat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangsel, temuan kasus HIV AIDS di 2015 sebanyak 104 kasus, 2016 sebanyak 155, 2017 sebanyak 215, 2018, sebanyak 182, 2019 sebanyak 197, 2020 sebanyak 162, 2021 Sebanyak 173 dan 2022 sebanyak 265 kasus.

“Orang dengan HIV di Tangsel didominasi usia produktif. Yakni, 25 hingga 49 tahun,” ucapnya.

Kata April, penanggulangan HIV AIDS bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja. Namun juga harus dibantu stakeholder lain. Seperti komunitas masyarakat.

**Baca juga: Ini 16 Sektor Ekonomi Kreatif di Tangsel, Pilar: Permata Tersembunyi

“Kita butuh masukan dari temen-temen komunitas dan penggiat kesehatan agar bisa mengendalikan penyebaran HIV AIDS di Tangsel,” terangnya.

Direktur Wahana Cita Indonesia, Hadi Irawan menjelaskan, kegiatan ini untuk menyatukan dan duduk bersama dengan komunitas untuk memperjuangkan pengusulan Perwal penanggulangan HIV AIDS.

“Semua disini belajar dan berupaya untuk bisa tampil dalam pembangunan di bidang kesehatan di Kota Tangsel,” tandasnya.(eka)

Print Friendly, PDF & Email