oleh

3 SKPD di Kota Tangerang Bakal Dirampingkan

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana segera melakukan perampingan 3 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diwilayahnya.

Ketiga SKPD dimaksud adalah Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melebur ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kantor Arsip Daerah dan Kantor Perpustakaan Daerah melebur ke Badan Penelitian, Pengembangan dan Statistik (Litbang) melebur menjadi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, rencana perampingan itu kini sedang dalam pembahasan serius, untuk dimaksukkan ke dalam Peraturan Daerah (Perda).

“Kita sedang mempersiapkan SOTK (Raperda Struktur Organisasi Tata Kerja, red) untuk melebur dan merubah sejumlah SKPD. Nantinya, damkar hilang dan berubah menjadi BPBD,” ujarnya, Jumat (27/6/2014).

Arief mengatakan, langkah perampingan itu bertujuan lebih efisiensi sekaligus mengefektifkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) para SKPD dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat.
“Seperti dalam Damkar juga ada evakuasi dan pencegahan bencana. Jadi sekalian saja dirubah menjadi BPBD. Nanti strukturnya vertikal sampai ke pusat, sehingga dapat berkoordinasi dalam menanggulangan bencana,” katanya.

Pengamat Pemerintahan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, M Zaki Mubarak menyarankan agar dalam mengambil kebijakan, petinggi daerah tidak hanya melihat dampak positifnya saja. Melainkan juga harus mempertimbangan efek negatif yang akan timbul.

“Dampak positifnya memang itu sebuah efisiensi dan efektifitas, namun efek negatifnyapun sangat besar seperti akan menimbulkan keresahan pada pejabat eselon II yang menjabat kepala SKPD yang dilebur. Bila mereka resah, justru berimbas terhadap kinerja mereka,” papar Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat itu.

Secara tidak langsung, kata Zaki, para pejabat eselon II dari tiga SKP yang dirampingkan itu akan kehilangan jabatannya. Terlebih, nanti bila mereka menduduki posisi lain yang diberikan, belum tentu akan sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya. **Baca juga: PDAM TB Pastikan Air Pelayanan Normal Saat Ramadhan & Idul Fitri.

“Apabila tidak sesuai dengan kemampuan dan pengalaman, malah akan menghambat pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.(arsa)

Berita Terbaru