oleh

1000 Kepala Sekolah Deklarasikan “Tangerang Jempol”

Kabar6-Walikota Tangerang Arief Wismansyah bersama 1000 Kepala Sekolah mendeklarasikan “Tangerang Jempol”, Minggu (27/4/2014). Deklarasi ini merupakan bentuk komitmen dunia pendidikan dalam membangun sekolah bersih di Kota Tangerang.

Deklarasi pembubuhan tanda jempol itu dilakukan pada acara Penutupan Festival Tangerang Bersih 2, yang digelar di Bantaran Sungai Cisadane, Jalan Benteng Jaya, Kota Tangerang.

Sebelum membubuhkan jempol, Walikota dan 1000 Kepala Sekolah terlebih dulu membacakan delapan deklarasi, yakni siap mewujudkan sekolah bersih secara berkelanjutan, menyediakan sarana dan prasarana pengolahan sampah, membudayakan pemilahan dan buang sampah pada tempatnya.

Mengurangi pengurangan sampah melalui program bank sampah dan pengomposan serta penerapan konsep 3 R, melaksanakan penghijauan di lingkungan sekolah, penyediaan sanitasi yang bersih dan sehat, menerapkan sistim kurikulum berbasis lingkungan secara komprehenship dan  membantu mewujudkan kota Tangerang yang bersih, hijau, indah dan nyaman.

“Ini merupakan komitmen kita bersama dalam mewujudkan kota Tangerang yang bersih,” ujar Walikota Tangerang Arief Wismansyah.

Dengan deklarasi ini, Walikota mengajak seluruh anak didik, orang tua murid dan seluruh elemen yang terlibat di dalam dunia pendidikan untuk terlibat langsung dalam membangun lingkungan yang bersih, indah dan nyaman. 

Sementara itu, Deputi IV Kementerian Lingkungan Hidup, Rasio Ridho Sani mengatakan, Festival Tangerang Bersih dan deklarasi Tangerang Jempol selaras dan turut mendukung Deklarasi Indonesia Bersih Sampah Tahun 2020, yang telah dilaksanakan bulan Februari 2014 di Surabaya.

Dikatakannya, bahwa untuk membebaskan kota dari sampah, tentu sangat tergantung dengan budaya masyarakatnya. “Saya melihat bahwa Walikota sangat berkomitmen membangun Tangerang bersih melalui Tangerang Jempol,” ungkap Rasio Ridho Sani. **Baca juga: Waduh..! Warga Rindukan Sosok WH.

Usai mendeklerasikan Tangerang Jempol, Walikota, Wakil Walikota H.Sachrudin, Deputy IV Kementerian LH, Dandim 0506, seluruh pejabat Pemkot dan Kepala Sekolah melakukan gerak jalan sehat melintasi Jalan Kisamaun, Jalan Kali Pasir dan Jalan Benteng Jaya.(hms/tom migran)

**Baca juga: Giliran Caleg PDIP Kota Tangerang Dilaporkan ke Panwaslu.

Berita Terbaru