oleh

Curi Kotak Amal, Zainuddin Dihajar Warga Pamulang

Kabar6-Ulah Zainudin (40), memang keterlaluan. Pria paruh baya ini dipergoki warga saat mencuri kotak amal di Masjid Baiturrahim, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (27/4/2014).

Alih-alih dapat menggondol kotak amal, ulah “maling” warga Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang itu justru membuatnya mendekam di sel tahanan Polsek Pamulang.

Wawan (41), saksi mata mengatakan, bermula ketika Zainuddin datang ke Masjid Baiturrahim, di Jalan Srikandi, Gang Buaran, RT 01 RW 04, Kelurahan Pondok Benda. Kala itu, Zainuddin datang dengan mengendarai sepeda motor jenis Supra X-125 B 6187 CCR.

Setiba di mesjid tersebut, pelaku langsung menyembunyikan sepeda motornya di bawah tangga. Diapun kemudian masuk ke dalam mesjid dan berpura-pura sholat.

“Saat melihat gerak-gerik Zainuddin, saya langsung menaruh curiga. Saya kemudian memberitahukan kepada pemilik warung rokok dekat masjid dan warga lainnya atas kehadiran tamu misterius tersebut,” ujar Wawan.

Benar saja, setelah di cek ternyata pelaku sudah berhasil menggotong kotak amal dari lantai dua masjid. Bahkan, kotak amal yang terbuat dari plat besi warna putih itu telah disimpan di kamar mandi lantai dasar.

Sedangkan Zainuddin tampak tengah berusaha membongkar kunci gembok untuk menjarah isi uang di dalam kotak amal. Melihat itu, warga jadi emosi hingga menghajar pelaku hingga babak belur.

“Warga yang mergokin langsung ramai-ramai nggebukin. Kalo polisi telat sedikit saja datangnya, bisa mati tuh pelaku,” tambah Wawan.

Petugas Polsek Pamulang yang datang kelokasi selanjutnya mengevakuasi Zainuddin ke Mapolsek. Kepada polisi, Zainudin mengakui perbuatan jahatnya hingga pasrah saat dijebloskan ke dalam pengapnya ruangan sel penjara. **Baca juga: Situ Kuru Tangsel, Riwayatmu Kini.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUH Pidana tentang Pencurian dan Pengrusakan dengan ancaman pidana paling lama lima tahun kurungan.(yud)

**Baca juga: Lokasi Balapan Liar di Citra Raya Dirazia Polisi.

Berita Terbaru