oleh

Wow, Kota Tangerang Terapkan Akta Lahir Online

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mulai menggagas kerjasama dengan 8 rumah sakit swasta diwilayahnya. Kerjasama itu terkait dengan pelayanan akta kelahiran secara online.

Ke 8 rumah sakit tersebut adalah, RS Sari Asih Karawaci, RS Sari Asih Sangiang, RS An Nisa, RS Dinda, RS Mutiara Bunda, RS Mulya dan RSIA Aqidah serta RS Aminah.

“Tujuannya, agar masyarakat bisa lebih mudah mengurus akta kelahiran,” ujar Walikota Tangerang, Arief Wismansyah, Senin (18/8/2014).

Menurut Walikota, dengan sistem online, maka masyarakat diharapkan dapat mengurus akta kelahiran, tanpa harus bolak-balik ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Rumah Sakit yang telah bekerjasama itu nantinya bisa menginput data pelayanan akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir di masing-masing Rumah Sakit, pembuatannya pun gratis,” jelasnya.

Kedepannya, kata Walikota, program tersebut akan digagas melibatkan semua rumah sakit dan klinik kebidanan yang ada di Kota Tangerang. Artinya, semua rumah sakit, klinik kebidanan akan memiliki layanan akta lahir online. **Baca juga: Pool Alat Berat di Cipondoh Ditenggat 1 Tahun.

“Kita targetkan program ini sudah bisa berjalan pada akhir tahun ini. Dan, semua rumah sakit bisa mengakses akta lahir secara online,” ujar Walikota lagi.(Ali)

Berita Terbaru