oleh

Wow, Ini Hiu Terbesar di Dunia

Kabar6-Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan lengkap, dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya.

 

Hiu merupakan hewan ganas yang paling ditakuti saat kita berada pada lautan lepas, karena banyak kisah yang menggambarkan hiu kerap memangsa manusia.

 

Apa saja sih jenis hiu terbesar yang ada di dunia ini? Berikut uraiannya:

 

1. Pacific Sleeper Shark

Ikan hiu ini berasal dari perairan samudera Pasific. Dapat ditemukan pada kedalaman 6.500 kaki dari permukaan laut. Berat badan hiu dewasa bisa mencapai 362,87 kilogram, dan panjangnya pun bisa mencapai 23 kaki.

 

2. Tiger Shark

Hiu jenis Tiger Shark jika dewasa panjangnya bisa mencapai 24,3 kaki dengan berat hingga 907,18 kilogram. Dalam banyak kasus, hiu jenis ini yang sering melakukan penyerangan terhadap para perenang.

 

3. Great White Shark

Jenis hiu ini dapat ditemukan pada pantai dan semua lautan. Panjangnya bisa mencapai 26,2 kaki, dengan berat hingga 2.267,96 kilogram. ** Baca juga: Lucunya Bunglon Mini Ini

 

4. Basking Shark

Basking Shark bukanlah ikan hiu pemangsa seperti Tiger Shark atau Great White Shark. Saat berenang, gerakannya sangat lambat. Panjang tubuhnya dapat mencapai hingga 40 kaki, dengan berat mencapai 19 ton.

 

5. Whale Shark

Merupakan paling tua, yang sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Di antara hiu lain, jenis whale shark ini mampu hidup hingga 70 tahun. Berat tubuhnya bisa mencapai 15 ton, dengan panjang mencapai hingga 11 kaki, dan bukan jenis ikan hiu pemangsa.(ilj)

Berita Terbaru