oleh

Wah, Ini Dia Hewan Terpintar di Dunia

Kabar6-Selain sebagai peliharaan, beberapa hewan dikenal dapat membantu manusia misalnya kuda sebagai penarik andong, anjing sebagai penjaga rumah, atau kerbau untuk membajak sawah.

 

Nah, tahukah Anda jika hewan pun memiliki kepandaian yang mencengangkan? Berikut ulasannya:

 

1. Simpanse

Dikenal sebagai primata tercerdas di dunia, berasal dari hutan tropis Afrika. Simpanse sering melakukan pekerjaan yang menyerupai manusia purba seperti membuat tombak untuk berburu kelinci, memetik buah menggunakan galah, atau memancing ikan memakai cabang pohon. ** Baca juga: Hueek…Ini Hewan Paling Bau di Dunia

 

2. Border Collie

Merupakan jenis anjing yang berasal dari Skotlandia. Mampu belajar dengan cepat untuk menggembalakan ternak. Penciuman dan intuisi hewan inilah yang menjadi alasan tim SAR menggunakannya untuk melacak korban dan jejak bencana alam.

 

3. Kakatua Abu-Abu Afrika

Kakatua Abu-Abu Afrika ini mampu menjawab beberapa pertanyaan dari yang sederhana, hingga agak rumit. Hewan ini bahkan dapat mengenali banyak warna, mengerti bermacam bentuk, serta nilai-nilai numerik yang diajukan oleh si penanya.

 

4. Gajah

Gajah memiliki beberapa indera yang tajam, salah satunya adalah indera pendengaran, dan memiliki memori yang sangat baik. Hewan ini dapat mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan yang mereka lakukan, dapat mengingat anggota dalam kelompoknya, serta dapat membedakan panggilan untuk masing-masing spesiesnya.

 

Gajah dapat memanggil teman-temannya yang berada pada jarak beberapa kilometer melalui teriakan, suara terompet atau panggilan lewat tanah. Bahkan dapat tertawa, marah, serta menangis. Di Way Kambas, Lampung, gajah dilatih untuk mengenali berbagai bentuk, melakukan beberapa atraksi, dan melukis bentuk gajah lainnya.

 

5. Monyet Rhesus

Hewan ini banyak ditemukan di dataran Asia, terutama Afghanistan, Tiongkok, dan India. Monyet Rhesus biasa digunakan oleh para ilmuwan untuk membantu penelitian mereka.Monyet ini memiliki kecenderungan psikologis yang mirip dengan manusia. Mereka pun bisa bunuh diri jika sedang putus asa.

 

6. Lumba-Lumba Hidung Botol

Merupakan spesies lumba-lumba yang dikenal paling cerdas. Otaknya dilengkapi dengan koteks serebral yang ukurannya 40 persen lebih besar dari milik manusia. Berfungsi untuk melakukan komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah, dan menerima hal-hal baru. Tubuhnya juga memiliki sebuah sonar bunyi yaitu echolocation, untuk mendeteksi mangsa, sebagai tanda peringatan bahaya dan untuk mencari koloninya.

 

Karena kelebihannya inilah, Angkatan Laut Amerika (US Navy) sering menggunakan lumba-lumba hidung botol dalam misi penelitian ataupun pembersihan ranjau laut.(ilj)

Berita Terbaru