oleh

Wagub Andika Minta DPRD Kota Tangerang Baru Bantu Pemkot Jaga Capaian

Kabar6–Wakil Gubernur Banten Andika Hazrmuy meminta DPRD Kota Tangerang periode 2019-2024 dapat membantu menjaga sejumlah capaian yang sudah berhasil diraih oleh Pemkot Tangerang sejauh ini.

Menurut Andika, selain merupakan hasil dari kerjasama antara eksekutif dan legislatif di Pemkot Tangerang sebelumnya, capaian-capaian tersebut juga bisa terus terjaga jika DPRD saat ini membantu eksekutif untuk mempertahankannya.

“Jelas semua capaian-capaian tersebut adalah buah dari kerja sama yang baik dalam menjalankan fungsinya antara eksekutif dan legislatif di Pemkot Tangerang,” kata Andika saat menutup Diklat Orientasi DPRD Kota Tangerang 2019-2024 oleh Badan Pemberdyaan SDM Daerah Pemprov Banten di Hotel Horison Altama Pandeglang, Kamis (10/10/2019).

Terkait capaian-capaian dimaksud, Andika memaparkan, di sektor keuangan statistik keuangan Pemerintah Kota Tangerang menunjukkan arah perkembangan yang sangat positif.

Data Statistik Keuangan Daerah yang dikeluarkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Banten tahun 2017, menunjukkan bahwa rasio kemandirian daerah Kota Tangerang mencapai 150,63 persen.

Dengan rasio kemandirian daerah diatas 100 persen, Kota Tangerang mempunyai tingkat ketergantungan yang sangat rendah terhadap pendapatan yang berasal dari dana Transfer Pemerintah.

Selanjutnya, Andika menambahkan, data BPS Provinsi Banten menunjukkan bahwa capaian indikator makro pembangunan Kota Tangerang terus meningkat.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tangerang terus meningkat dari 74,57 pada tahun 2012 meningkat mencapai 77,01 pada tahun 2018.

Dengan melihat kenaikan angka IPM tiap tahun, dapat diketahui bahwa perkembangan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi di Kota Tangerang semakin meningkat.

“Menurut BPS, indikator capaian pembangunan Kota Tangerang masuk pada kategori capaian tinggi, untuk itu mari terus tingkatkan akselerasi dan sinergitas pembangunan khususnya dalam penyediaan layanan publik di Kota Tangerang,” kata Andika.

Sementara itu Kepala BPSDM Pemprov Banten Endrawati mengatakan, tujuan diadakan diklat DPRD adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan kepada Anggota DPRD dan Anggota Sekretariat DPRD agar dapat meningkatnya kinerja yang profesional dan berkompeten di lingkungan DPRD dan pemerintahan Daerah.

Adapun materi yang diberikan selama masa orientasi tersebut, kata endra diantaranya, tata cara penyusunan dan pengelolaan anggaran, peran dan fungsi alat-alat kelengpakan DPRD, pedoman pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD serta tata cara reses.

Untuk diketahui anggota DPRD Kota Tangerang periode 2019-2024 sebanyak 28 merupakan petahana, sedangkan 22 lainnya anggota baru. PDI Perjuangan memperoleh kursi terbanyak di DPRD Kota Tangerang, yaitu 10 kursi.**Baca juga: Dewan: Memalukan, Peristiwa Penusukan Pejabat Negara Terjadi Banten.

Disusul Partai Gerindra yang memperoleh 8 kursi. Partai perolehan kursi terbanyak lainnya, yaitu PKS dengan perolehan 6 kursi dan Partai Golkar 6 kursi.(Den)

Berita Terbaru