oleh

Universitas Budi Luhur Menangkan Hibah IBM Dikti 2014

Kabar6-Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Tehnik Universitas Budi Luhur, kembali mengukir prestasi dengan memenangkan Hibah Program Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat dari (IBM) Pendidikan Tinggi (DIKTI), untuk pembiayaan tahun 2014.

“Prodi kami sebelumnya juga pernah menerima program hibah dari Dikti, yaitu Program Hibah Kompetensi A1 (PHK A1) Batch II, selama dua tahun (2004-2006),” kata Kepala Program Studi Arsitektur UBL Putri Suryandari.

Putri menambahkan, hibah ini merupakan bantuan dari Dikti untuk peningkatan manajemen dalam membangun karakter jurusan.

“Tim kami berupaya mengembangkan Iptek, bagi masyarakat disejumlah RT di kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan,” ungkap Putri.

“Kepada mereka itu, kami beri binaan dan wawasan mengenai Kampung Recycle, yaitu kampung yang secara mandiri mampu mengelola sampah dan mendaur ulangnya, sehingga secara ekonomi dapat menguntungkan mereka,” tambah Putri.

Perlu diketahui, kampung binaan tersebut berada pada radius 2 km dari kampus UBL. Kampung ini dikategorikan masuk dalam wilayah kampung kumuh.

Padatnya penduduk dan rapatnya bangunan, serta pola hidup penghuni yang kurang sehat, menjadi problem tersendiri dalam membina perkampungan itu.

“Kami adakan pendekatan kepada masyarakat,  melalui pendampingan dan pemberian arahan, tentang hidup dalam lingkungan yang sehat,” terang Putri.

Selain itu, kata Putri, pihaknya juga memberi pembelajaran, mengenai pemanfaattan kembali sampah melalui proses daur ulang, baik sampah organik maupun sampah non organik. **Baca juga: Kampus Karya Bangsa, Tawarkan Pendidikan Terjangkau.

Sementara itu, Humas UBL Linda Islami mengatakan,  program yang dilaksanakan oleh Prodi Arsitektur Fakultas Tehnik, berkaitan dengan motto yang tengah digalakan oleh UBL, yaitu menuju kampus Green and Clean.(tama)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru