oleh

Turunkan Kolesterol dengan Cara Alami

Kabar6-kolesterol adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormon, vitamin D dan produk penting lainnya. Secara alami, zat ini terbentuk di dalam organ

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu HDL atau kolestrol ‘baik’ dan LDL yang merupakan kolesterol ‘jahat’. Secara umum, memiliki kandungan kolestrol HDL yang tinggi merupakan hal yang baik bagi tubuh. Sebaliknya, kandungan kolestrol LDL yang tinggi seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko yang tinggi akan penyakit jantung.

Hal ini karena LDL cenderung menyumbat dan mengeraskan arteri, sedangkan HDL membawa LDL dari arteri ke liver Anda untuk dihilangkan. HDL juga dapat membantu dalam menjaga kerusakan pembuluh darah, yang merupakan penyebab utama pengerasan arteri.

Nah, bagaimana agar kolesterol tetap terjaga? Melansir medcom, berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol Anda secara alami:

1. Kacang-kacangan
Beberapa studi menghubungkan beberapa jenis kacang-kacangan terkait menurunkan kolesterol, seperti kacang kedelai, lentil, dan kacang polong untuk mengurangi kolestrol.

Satu studi yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, menemukan bahwa 3/4 cangkir kacang-kacangan setiap hari dapat menurunkan kolestrol LDL sebesar 5 persen. Meskipun terlihat tidak banyak, jumlah tersebut merupakan penurunan yang cukup signifikan.

2. Alpukat
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University, para peneliti menemukan bahwa para peserta yang mengonsumsi alpukat mengalami pengurangan kolestrol sebesar 14 mg / dL selama studi tersebut dilakukan.

Alpukat juga merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dipadukan dengan bahan makanan lainnya, seperti roti gandum yang bisa dijadikan smoothie, atau dijadikan salad. Anda juga bisa mengganti mentega dengan alpukat dalam beberapa jenis masakan.

3. Oat
Oat juga merupakan salah satu makanan yang terkenal bisa menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian di Thailand, para sukarelawan dengan kolestrol tinggi yang mengonsumsi oat selama empat minggu mengalami penurunan kolestrol LDL sebesar 10 persen.

Saat sarapan, oat dapat dicampurkan ke dalam smoothie, dicampurkan dengan greek yoghurt dan buah-buahan lain, atau ditambahkan dengan acai. Selain itu, oat juga dapat disajikan secara gurih dan manis.

4. Almond
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa hanya dengan mengonsumsi 10 gram almond, atau sekira delapan buah almond saat sarapan dapat meningkatkan kolestrol HDL secara signifikan.

Selain dikonsumsi secara utuh, Anda bisa menggunakan minyak almond atau tepung almond dalam berbagai macam jenis makanan. Anda juga bisa menambahkan almond ke dalam smoothies, oat, atau dijadikan salad bersama dengan potongan buah segar.

5. Teh hijau
Sebuah meta-analisis penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, konsumsi teh hijau secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total (lebih dari 7 mg / dL), dan secara signifikan mengurangi nilai LDL (lebih dari 2 mg / dL) tanpa mempengaruhi kolestrol HDL yang baik bagi tubuh. ** Baca juga: Makan Cokelat Tiap Hari Bikin Badan Melar?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru