oleh

Makan Cokelat Tiap Hari Bikin Badan Melar?

Kabar6-Meskipun disebut-sebut punya segudang manfaat, makan cokelat setiap hari juga tidak dianjurkan karena diyakini dapat membuat berat badan naik. Benarkah demikian?

Nutrisi yang terkandung di dalam cokelat adalah natrium, riboflavin, vitamin E, gula, kalsium, potasium, dan protein. Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung 3,14 gram serat di dalam 28 gram cokelat, sedangkan cokelat susu mengandung 0.5 gram serat, dan cokelat putih tidak mengandung serat sama sekali.

Bagaimana agar Anda bisa mengonsumsi cokelat tanpa harus khawatir berat badan bertambah? Melansir Hellosehat, pastikan mengatur porsi makan cokelat tiap hari. Kemudian pilih cokelat dengan kalori lebih rendah. Kalori pada cokelat susu lebih tinggi dibandingkan kalori pada cokelat hitam yang juga mengenyangkan. Imbangi juga dengan makanan sehat atau asupan gizi lainnya. Dengan begitu, kalori yang Anda konsumsi bisa seimbang.

Konsumsi cokelat harian dalam bentuk lain. Misalnya, Anda biasa mengonsumsi kopi pada pagi hari dan makan cokelat kemudian. Ketimbang menumpuk kalori, sebaiknya ganti kopi yang biasa Anda minum pagi hari dengan asupan cokelat dalam bentuk minuman, seperti cokelat hangat. Cokelat dalam bentuk minuman memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik dibanding cokelat batangan. ** Baca juga: Jangan Abaikan Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Protein

Jika Anda lebih memilih untuk mengonsumsi cokelat setiap hari, maka harus rela mengurangi asupan kalori pada makanan lainnya, sehingga berat badan tidak melonjak.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru