oleh

Tim Ilmuwan AS Sukses Temukan Cara Ubah DNA

Kabar6-Tim ilmuwan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini berhasil menemukan cara untuk mengubah struktur DNA mitokondria. Diketahui, sebagian besar sel dalam tubuh punya dua ‘perpustakaan’ genetik. Satu di dalam nukleus, dan yang lain di dalam struktur yang disebut mitokondria, yang juga dikenal sebagai ‘pembangkit tenaga sel’.

Upaya gabungan oleh beberapa tim peneliti di Amerika Serikat ini, melansir Detik, dapat mengarah pada suatu proses yang memungkinkan untuk memodifikasi sel, dan berpotensi mengobati berbagai kondisi tubuh. Pondasi molekuler dari alat pengeditan gen ini adalah toksin yang disebut DddA, yang disekresikan oleh bakteri Burkholderia cenocepacia.

Para peneliti dari University of Washington telah tertarik manfaat toksin ini setelah sekian lama. Hingga akhirnya, para peneliti menemukan cara yang dapat mengubah basa asam nukleat, disebut sitosin, menjadi berbeda dari yang biasa ditemukan dalam RNA, disebut urasil.

Tetapi menyelundupkan RNA melalui membran mitokondria yang lebih selektif tidaklah sesederhana itu. Hal ini karena lebih dari satu miliar tahun yang lalu mitokondria adalah organisme sendiri, dan seiring waktu mereka berevolusi untuk berbagi ‘tanggung jawab’ dengan sel-sel yang mereka tempati saat ini.

Dalam tubuh, mitokondria metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler, dan penghasil energi.

Temuan ini sudah dipublikasikan di jurnal Nature dan diharapkan bisa menjadi jalan untuk pengobatan manusia. ** Baca juga: Seorang Manajer di Inggris Pilih Jadi Anjing Ketimbang Manusia Sebagai Jalan Hidup

Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan manfaat yang signifikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru