oleh

Tidak Makan Seharian Juga Berbahaya Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Terkadang karena kesibukan yang banyak menyita waktu, Anda sering melewatkan jam-jam makan, sehingga Anda pun lupa makan seharian.

Akibatnya, tidak satu pun makanan pokok yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk dicerna.

Dalam laman halosehat.com dipaparkan, makanan merupakan kebutuhan fisiologis semua manusia yany berfungsi sebagai bahan bakar setiap organ tubuh manusia.
Semua sel-sel tubuh kita membutuhkan nutrisi yang ada dalam makanan yang kita makan.

Tubuh kita membutuhkan asupan protein dan serat setiap harinya. Jika tidak ada makanan yang bisa dicerna, maka tubuh akan kekurangan energi dan nutrisi lain yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh kita.

Apa saja sih efek tidak sehat bagi tubuh akibat tidak makan seharian?

1. Sakit maag

Jika tidak ada makanan yang dicerna, kadar asam lambung akan meningkat dan menyebabkan lambung terasa nyeri, bahkan diiringi dengan rasa mual.

2. Tulang melemah

Hal ini akibat tubuh kekurangan kalsium. Selain itu hormon pertumbuhan sel-sel tulang akan melambat dan membuat tulang dan sendi rawan mengalami patah tulang.

3. Suhu tubuh menurun

Saat lapar, secara otomatis tubuh akan menghemat energi yang dikeluarkan. Rangsangan yang akan dilakukan oleh tubuh adalah menurunkan aktivitas metabolisme tubuh dengan mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh.

Efeknya, sirkulasi darah tidak akan normal dan suhu tubuh akan menurun. Biasanya ketika kita tidak makan dalam waktu lama maka akan membuat ujung jari kaki dan tangan terasa dingin.

4. Kulit mengering

Dampak dari tidak makan akan membuat kulit Anda merespon pembuatan lanugo yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Jumlah Lanugo yang kering terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan mineral yang cukup akan membuat kulit kita mengering.

5. Rambut mudah rontok

Hal ini terjadi karena rambut kita kekurangan vitamin dan mineral.

6. Kuku menjadi rapuh

Tidak tercukupinya vitamin dan mineral akan membuat organ tubuh kita kekurangan cairan tubuh sehingga menjadi kering.

7. Kerusakan pada gigi

Gigi termasuk organ yang aktif digunakan dalam aktivitas sehari-hari sehingga membuat asupan nutrisi pada gigi penting dipenuhi setiap harinya. Tanpa vitamin D dan kalsium akan membuat masalah pada gigi hingga gusi kita.

8. Mudah lelah dan murung

Proses metabolisme sangat penting karena menghasilkan energi yang diolah dari kalori yang berasal dari makanan. Jika tidak ada kalori yang dibakar, maka energi yang dihasilkan pun akan sedikit. Akibatnya, tubuh kita akan terasa lemas dan tak bertenaga.

9. Bau mulut

Kondisi ini terjadi karena mulut dalam keadaan kering, sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. ** Baca juga: Yuk, Cari Tahu Fakta Tentang Infused Water

Jadi, jangan tidak makan ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru