oleh

Tidak Hanya Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Berjemur Punya 5 Manfaat Lain

Kabar6-Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih saat pandemi COVID-19 ini, banyak orang yang rutin berjemur setiap pukul 10.00 selama sekira 10-15 menit.

Selain untuk imun tubuh, rutin berjemur pun memiliki sejumlah manfaat yang tak diduga, lho. Melansir beberapa sumber, ini lima manfaat yang dimaksud:

1. Tingkatkan produksi vitamin D
Tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin D sendiri. Padahal, vitamin D diperlukan untuk melakukan penyerapan kalsium dan fosfor pada usus, sehingga akan memperkuat gigi, tulang dan otot. Selain itu, vitamin D juga menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

2. Kulit lebih sehat
Sejumlah dokter mengatakan, paparan sinar matahari akan mengobati jerawat, eksim, ataupun sakit kuning.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh
Rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi membuat tubuh akan lebih banyak memproduksi sel darah putih yang juga berfungsi sebagai pelindung. Sel darah putih juga berfungsi dalam melawan berbagai penyakit penyebab infeksi, sehingga kekebalan tubuh juga akan meningkat.

4. Perbaiki kualitas tidur
Sinar matahari pagi akan merangsang produksi hormon melatonin dalam tubuh yang mengatur siklus tidur, sehingga Anda akan memiliki kualitas tidur yang baik. Tentu saja Anda akan lebih segar dan siap menjalankan aktivitas.

5.Badan jadi lebih segar
Rutin berjemur pada pagi hari juga akan membuat badan terasa lebih segar. Anda bisa menambahkan sedikit gerakan ketika berjemur, agar badan terasa lebih sehat. ** Baca juga: Jaga Paru-paru dengan 7 Kebiasaan Sehat

Selamat berjemur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru