oleh

Jaga Paru-paru dengan 7 Kebiasaan Sehat

Kabar6-Sebagai salah satu organ vital yang ada di tubuh, paru-paru manusia berperan sebagai organ pernapasan yang utama. Namun, selain membantu kita menghirup udara, fungsi paru-paru lainnya pun tidak kalah penting untuk tubuh. Organ ini, disebut juga berperan dalam melindungi jantung hingga mencegah infeksi.

Terletak di dalam rongga dada, kedua paru-paru di bagian kiri dan kanan ternyata besarnya tidak sama. Paru-paru sebelah kiri, berukuran lebih kecil karena di sebelah kiri juga terdapat jantung. Sebagai organ vital yang lunak, paru-paru dilindungi oleh tulang rangka.

Lantas, bagaimana agar kerja paru-paru tidak terganggu? Melansir Popbela, ada tujuh kebiasaan untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Apa sajakah itu?

1. Berhenti merokok
Rokok diketahui menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru. Hal tersebut dapat terjadi karena dalam asap rokok mengandung 400 senyawa kimia berbahaya, dan lebih dari 50 senyawa berbahaya tersebut dapat menyebabkan kanker yang mematikan.

2. Perbanyak minum air mineral
Tidak hanya baik untuk kesehatan ginjal, konsumsi air mineral juga baik untuk paru-paru. Air mineral dapat melarutkan zat-zat beracun yang ada dalam tubuh, khususnya paru-paru.

Proses pembuangan zat beracun nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan urine saat buang air kecil. Untuk itu, jangan lupa penuhi kebutuhan air mineral Anda secukupnya.

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi
Antioksidan memiliki fungsi untuk dapat menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya, sehingga baik untuk kesehatan seluruh organ dalam tubuh. Makanan yang dimaksud antara lain adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, dan aneka buah.

4. Rutin lakukan olahraga
Rutin melakukan olahraga mampu meningkatkan kesehatan fisik serta mental, serta melatih pernapasan. Selain itu, berolahraga dapat membuat paru-paru menjadi lebih sehat, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Hindari polusi udara
Agar paru-paru tetap sehat, Anda harus menghindari menghirup udara yang berpolusi seperti asap rokok atau asap kendaraan. Hal tersebut perlu diperhatikan karena asap berbahaya ini tidak baik untuk pernapasan dan juga kesehatan paru-paru. Jika terpaksa, Anda harus gunakan alat pelindung diri seperti masker.

6. Konsisten mencuci tangan
Berbagai macam gangguan paru-paru dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit seperti flu dan pilek. Jadi, pastikan tangan tetap bersih dari bakteri dan kuman.

7. Rutin lakukan pemeriksaan kesehatan
Jangan takut untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Hal ini membuat Anda mengetahui kesehatan seluruh organ tubuh secara berkala.

Dan jika ada gangguan, Anda dapat segera menemui dokter dan menjalani pengobatan sebelum penyakit tersebut menjadi lebih parah. ** Baca juga: Bagaimana Agar Pesan Makanan Tetap Aman Selama Pandemi COVID-19?

Jangan lupa menerapkan pola hidup seimbang dan selalu berpikir positif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru