oleh

Ternyata, Lima Buah Ini Bisa Merusak Diet

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika menjalani program diet, mengkonsumsi buah-buahan memang sangat disarankan. Namun, tidak semua buah ternyata ‘aman’ dikonsumsi selama berdiet. Hal itu karena tingginya kadar gula yang terdapat pada buah-buah tersebut dapat memperburuk program diet.

Buah apa saja sih yang sebaiknya dihindari ketika sedang diet? Dikutip dari Beautynesia, berikut uraiannya:
1. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh, karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk asupan nutrisi tubuh serta antioksidan. Serta, kaya serat dan baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Sayangnya, alpukat mempunyai kadar lemak dan kalori yang cukup tinggi yang dapat mengacaukan diet. Terlebih jika mengkonsumsi olahan alpukat disertai penambahan gula dan susu, maka akan mempercepat peningkatan berat badan.

2. Kurma
Biasanya Anda mengkonsumsi buah kurma yang sudah dikeringkan. Ternyata, buah yang sudah mengalami proses pengeringan  akan emiliki lebih banyak kalori dan gula dibanding buah segar.

Kurma kering mengandung kadar gula paling tinggi dibanding buah lainnya. Kurma memiliki skor glikemik berkisar di angka 1033, dan lebih tinggi dari glukosa murni yang memiliki glikemik 100. Jika Anda sedang menjalani program diet, sebaiknya ganti kurma kering dengan buah-buahan segar karena mengandung lebih sedikit kadar gula.

3. Semangka
Selain enak dan menyegarkan, semangka juga mampu untuk melancarkan pencernaan dan mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, semangka sebaiknya dihindari jika Anda tengah menjalani program diet. Pasalnya, buah ini memiliki skor glikemik di angka 100.

4. Nanas
Nanas memiliki kandungan air yang melimpah, dan juga kaya dengan akan vitamin C. Namun nanas juga memiliki kandungan kadar gula (glikemik) yang cukup tinggi, yaitu di sekira angka 66. Jika ingin mengkonsumsi nanas, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan apalagi ditambahkan dengan pemanis seperti gula.

5. Melon
Selain untuk melancarkan pencernaan, melon sangat baik untuk penderita darah tinggi. Namun, melon juga memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi yaitu berkisar di angka 65. Memang jauh di bawah semangka, namun jika Anda ingin program diet berjalan dengan baik, sebaiknya batasi mengkonsumsi melon atau olahannya, terlebih menggunakan pemanis tambahan. ** Baca juga: Yuk, Konsumsi Makanan Paling Bergizi di Dunia

Konsumsi kelima buah tersebut dalam batas yang wajar alias tidak berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru