oleh

Tempat yang Memiliki Fenomena Aneh Di India

ilustrasiKabar6-Di setiap negara selalu mempunyai tempat-tempat tertentu yang konon katanya menyimpan kisah misteri. Sebagian orang menganggap hanya cerita angin lalu, namun banyak juga yang percaya. Demikian pula di India, ada beberapa tempat yang dianggap menyimpan kisah misteri, sebagaimana dilansir Boydom. Tempat-tempat itu adalah:

 

 

1. Suara iblis Gangga

Penduduk yang tinggal di daerah delta Sungai Gangga dan Brahmaputra mengaku kerap mendengar ledakan misterius. Hal itu sudah berlangsung selama berabad-abad. Mereka pun memperkirakan bunyi ledakan itu adalah suara iblis Gangga.

 

 

2. Desa orang kembar

Desa Kodinhi, 35 kilometer di selatan Calicut, dikenal sebagai desa dengan kelahiran anak kembar terbanyak. Awalnya, fenomena aneh ini dimulai tiga generasi sebelumnya dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Kondisi ini membuat orang-orang “menyewa” perempuan-perempuan Desa Kodinhi untuk dinikahi dan menghasilkan anak kembar dengan biaya mahal.

 

 

3. Danau Tengkorak Roopkund

Danau Roopkund merupakan danau glasial yang terletak sekitar 5.000 meter di perbatasan Uttarakhand, Himalaya. Pada 1942, seorang penjaga hutan tersangkut ratusan kerangka manusia di tepian Roopkund yang akhirnya memicu dilakukannya penelitian besar-besaran untuk mengetahui penyebab banyaknya tengkorak di sana. Konon tengkorak-tengkorak itu merupakan sisa tentara Jepang saat Perang Dunia II. Sementara kisah lain menyebutkan tengkorak tersebut adalah rombongan yang terjebak dalam badai buruk, dan terpaksa tinggal sementara di Roopkund, yang kemudian justru membuat mereka semua tewas.

 

 

4. Fenomena Burung Bunuh Diri

Desa Jatinga di Dima Hasao, distrik Assam, populer lantaran terjadinya fenomena burung-burung yang bunuh diri. Sebagian besar burung yang bermigrasi ke Jatinga pasti akan mati. Mereka mendadak jatuh saat terbang sekitar pukul 18.00 – 21.30 malam waktu setempat. Hingga kini tidak seorang pun yang dapat menjelaskan fenomena aneh tersebut.

 

 

5. Kota Hantu Kuldhara

Kota Kuldhara dijuluki sebagai kota hantu dan sudah ditinggalkan semenjak 1800-an. Didirikan pada 1291 oleh Paliwal Brahmins. Suatu malam pada 1825, hampir semua orang di Kuldhara yang ada di 83 desa menghilang secara misterius. Tidak seorang pun mengetahui kepergian mereka, karena seakan-akan lenyap ditelan Bumi.

 

 

6. Misteri Gunung Himalaya

Kisah misteri di pegunungan Himalaya seakan tiada habisnya. Banyak sekali kisah mengenai sosok abadi yang konon berkeliaran di Himalaya. Salah satunya adalah Yeti, manusia salju. Selain itu, banyak juga yang melihat salju merah darah turun di Himalaya. Belum lagi disebutkan ada seorang pertapa abadi yang tinggal di sana. Tercatat sudah ribuan orang tewas dalam upaya mendaki puncak Himalaya, sehingga kisah penampakan hantu menjadi hal biasa di Pegunungan Himalaya.

 

 

7. Hujan Darah Kerala

Pada 25 Juli – 23 September 2001 terjadi fenomena alam yang aneh pada distrik-distrik di selatan Kottayam dan Idukki di Kerala, yaitu hujan yang berwarna merah. Awalnya mereka mengira kalau pigmen merah itu akibat ledakan meteor. Namun setelah dievaluasi ditemukan bahwa air hujan darah mengandung sel mirip spora lumut pembentuk ganggang yang ditemukan begitu banyak di daerah Kerala.

 

 

8. Cahaya Hantu Aleya

Cahaya hantu Aleya merupakan fenomena misterius di rawa-rawa Bengal barat. Cahaya tersebut sering membingungkan para nelayan sehingga dapat membuat mereka tenggelam dan mati, sampai akhirnya mayat mereka mengapung di atas rawa. Penduduk lokal percaya nelayan yang meninggal tidak wajar itu menjadi cahaya hantu lagi dan mencari mangsa baru.

 

 

9. Markas UFO

Kawasan Kongka La Pass di pegunungan Himalaya berada di perbatasan Indo-China, dikenal dengan nama Aksai Chin. Warga di kedua perbatasan percaya bahwa di kawasan itu terdapat pangkalan UFO. Hal ini diperkuat oleh para turis yang sering melihat kejadian aneh benda-benda bergerak dari tanah dan terbang ke langit. Aksai Chin adalah daerah dengan kedalaman kerak dua kali lebih besar daripada tempat lain di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terdapat benda misterius di sana.

 

 

10. Lampu Setan Rann of Kutch

Konon setiap malam muncul lampu-lampu setan yang menari dan disebut Chir Batti oleh penduduk lokal. Lampu-lampu itu berwarna terang dan seringkali berubah serta beterbangan cepat atau lambat. Namun ilmuwan menduga lampu-lampu misterius itu disebabkan oleh oksidasi metana yang keluar dari rawa-rawa.(ilj)

**Baca juga: Apa Saja Fakta Tentang Kematian?

Berita Terbaru