oleh

Tangsel Kirim Duta Pemuda ke Palu dan Jepang

Kabar6-Kota Tangerang Selatan kembali mengirimkan duta pemuda mewakili Provinsi Banten. Para duta pemuda ini merupakan wakil terpilih diantara ratusan kontestan lainnya.

“Duta pemuda yang terpilih telah mengikuti seleksi ketat,” ujar
Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Gunara,  kepada Kabar6.com di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (18/9/2012).

Gunara menjelaskan, dua ajang pertukaran pemuda ini yakni, Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) atas nama Raden Icuk Surtini dari kecamatan Pamulang. Icuk dikirim ke Jepang dan beberapa negara di Asean selama satu bulan penuh menggunakan kapal pesiar.

Kemudian diajang Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) atas nama
Danu Nomisales asal kecamatan Setu dan Tio Wahyu Kurniawan dari Pamulang. Keduanya akan mengikuti Jambore Pemuda di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Menurut Gunara, pada tahun ini jumlah pemuda yang mendaftar dan mengikuti seleksi mencapai 200 orang. Mereka harus melalui seleksi tes diantaranya, pengetahuan umum, kesehatan, pengetahuan budaya dan lainnya.

“Untuk duta PPAN kemampuan bahasa inggrisnya harus mencapai TOEFL 500 dan tes psikologi karena akan tinggal dengan ibu angkat. Kalau yang PPAP tidak,” terangnya.

Dia menjelaskan, banyak manfaat yang akan diperoleh para duta pemuda setelah mengikuti kegiatan ini. Selain dapat memperkenalkan daerah dan negara ke tempat-tempat tujuan. Juga akan menjadi pengalaman pribadi yang sangat berharga.

“Bisa diaplikasikan untuk dirinya sendiri dan orang lain tentunya,” jelas Gunara. (yud)

 

Berita Terbaru