oleh

Tangsel Kalah Rebutan Tuan Rumah Apeksi 2016

Kabar6-Sebanyak 98 daerah perkotaan di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mencoba bersaing ketat. Ketiga kota ini bersaing untuk bisa menjadi tuan rumah rapat kerja nasional (Rakernas) yang akan digelar pada tahun mendatang.

 

Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie, mengatakan pada sidang komisi disepakati ada tiga kota yang mengajukan diri untuk bisa menjadi tuan rumah. Ketiganya antara lain, Kota Tangsel, Jambi, dan Pangkal Pinang.

 

“Munas Apeksi tahun 2016 mendatang yang terpilih Jambi. Kita memang urutan kedua, jadi kalau Kota Jambi ada halangan Tangsel siap,” terangnya kepada kabar6.com ditemui di Serpong, Minggu (10/5/2015). ** Baca juga: Gudang Plastik dan Dua Truk Terbakar di Teluk Naga

 

Menurutnya, pada acara Apeksi 2015 yang berlangsung di Kota Ambon, Presiden Joko Widodo mendorong wadah ini agar anggota dapat mewujudkan program yang punya ciri khas tertentu. Pemerintah Kota Tangsel akan mendorong kota cerdas (smart city) ini identik dengan hutan dalam kota.

 

“Kita sudah punya ya, hutan dalam kota. Dan tahun depan kita akan mendorong lagi itu karena yang diinginkan oleh Bapak Presiden,” terangnya.

 

Termasuk mempertahankan penggunaan alokasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) diprioritaskan untuk belanja langsung. Instruksi dari Jokowi, Ben bilang, setiap tahunnya sudah direalisasikan untuk belanja kepentingan publik.

 

Seperti hal alokasi APBD Murni 2015 sebesar Rp 2,819 triliun, Seluruh anggaran belanja langsung tersebut di atas terdistribusi ke dalam 108 program dan 842 kegiatan.  Komposisi anggaran belanja tidak langsung sebesar 24,34 persen, dan alokasi belanja langsung sebesar 75,66 persen.

 

“Kita kan sudah bangun e-Musrenbang, dan harapan pak presiden juga e-Budgeting,” tambah Bang Ben, sapaan akrabnya.(yud)

Berita Terbaru