oleh

Tahun Ini, Pemkot Tangerang Bakal Lengkapi 15 Puskesmas dengan UGD 24 Jam

dr. Lisa Puspadewi,(foto:ist)

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bakal melengkapi 15  Puskesmas di wilayahnya dengan layanan Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam.

”Dari 33 Puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang, tahun ini 15 diantaranya kita targetkan akan dilengkapi UGD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dr. Lisa Puspadewi, Kamis (6/4/2016).

Lisa menyebut, keberadaan UGD akan semakin memaksimalkan layanan terhadap masyarakat selama 24 jam.  

“UGD ini sifatnya penanganan awal yang harus diberikan dengan baik kepada pasien. Jadi bagi pasien yang memerlukan perawatan lanjutan, bisa segera di rujuk ke rumah sakit dengan menggunakan mobil Ambulans yang tersedia di masing-masing Puskesmas,” kata Lisa.

Lisa juga memastikan bila saat ini satu armada Ambulans di tiap Puskesmas sudah cukup, karena Ambulasn yang ada sifatnya bisa saling mengisi.

“Jadi Ambulans yang ada di Puskesmas sedang dipakai bisa memanfaatkan Ambulans lain di Puskesmas terdekat,’ kata dia. 

Adapun 15 Puskesmas yang dilengkapi dengan UGD yaitu, puskesmas Cipondoh, Gembor, Larangan Utara, Cibodasari, Karawaci Baru, Jatiuwung, Periuk Jaya, Tanah Tinggi, Kunciran, Gondrong, Kedaung Wetan, Penunggangan, Cikokol, Batu Ceper dan Ciledug.

Sejak tahun 2016 lalu hingga kini, ada tujuh Puskesmas yang sudah dilengkapi dengan pelayanan persalinan di Kota Tangerang. 

Lisa merinci, ke tujuh puskesmas itu masing-masing adalah, Puskesmas Panunggangan,  Gembor, Cipondoh, Larangan Utara, Cibodasari, Karawaci Baru dan Tanah Tinggi, sehingga memiliki ruang rawat inap.

“Tidak semua Puskesmas di Kota Tangerang memiliki layanan persalinan, karena ada area Puskesmas yang tidak memungkinkan untuk dikembangkan,’ kata Lisa. 

Meski demikian, kata dia, pada tahun 2017 ini, Pemkot Tangerang  akan  membangun lima puskesman rawat inap lagi. Masing-masing di Panunggangan, Poris Gaga, Kunciran, Periuk dan Jatiuwung. 

“Untuk persiapan Puskesmas rawat inap ini, kami berencana merekrut sebanyak 28 tim medis. Dan dari jumlah tersebut baru 11 orang yang memenuhi syarat,” kata Lisa. (Bang Luhut)

Berita Terbaru