oleh

Studi Sebutkan, Cinta Bisa Bikin Orang Jadi Lebih Kejam

Kabar6-Tidak hanya membuat seseorang menjadi pribadi yang baik, cinta ternyata dapat membuat orang jadi kejam. Mengapa demikian, dan apa penyebabnya?

Sebuah riset yang dibahas dalam situs LiveScience, melansir kelascinta, mengungkapkan bahwa cinta juga memiliki sisi kelam dan gelap. Dari beberapa uji coba disebutkan, orang dengan perasaan cinta yang kuat cenderung sinis dan menjelekkan sesama jenis, serta bersikap lebih agresif pada mereka. Misalnya saja, wanita akan sinis terhadap sesamanya.

Riset ini melibatkan 130 pria dan wanita yang sudah lama menjalin hubungan percintaan. Responden yang mengaku diri mereka adalah tipe pencemburu lebih mudah berprasangka negatif pada orang lain, sesama jenis, yang berpenampilan lebih menarik.

Bahkan, saat diminta untuk memilih sikap atau tindakan apa yang ingin diberikan pada orang tersebut dalam sebuah permainan komputer, responden ini akan memilih ‘hukuman’ yang paling menyakitkan.

Lalu, apakah berbeda antara tipe pencemburu dengan tipe yang tidak cemburuan? Responden yang mengaku tipe bukan pencemburu ternyata juga dapat bersikap kejam dan sedikit sinis.

Peneliti lantas diminta untuk membantu mengevaluasi teman kencan yang paling potensial dalam sebuah situs dating online. Para kandidat teman kencan ini dideskripsikan menarik, ramah, easy going, dan sifat-sifat baik lainnya.

Namun, kandidat yang menurut mereka mirip atau mengingatkan pada mantan kekasih dari pasangannya, dinilai tidak menarik, tidak bersahabat, dan beberapa penilaian buruk lainnya.

Dari hasil penelitian ini para peneliti mengambil kesimpulan, cinta memiliki sejumlah fungsi yaitu melindungi dan menjaga kelanggengan hubungan di masa depan. Walaupun untuk mempertahankan itu mereka harus bertindak di luar dari sifat keseharian untuk menjauhkan hubungan dari segala bentuk ancaman yang ada.

Misalnya saja, seorang wanita akan menyebut wanita lain yang lebih menarik dari dirinya dengan sebutan ‘jelek’ apabila kehadiran wanita tadi dapat mengancam hubungannya. Dengan harapan, agar sang kekasih juga melihat wanita tersebut kurang menarik, sesuai dengan penilaiannya.

Karena penelitian ini melibatkan pria dan wanita, dan tidak ditemukan perbedaan perilaku dari kedua gender ini, dapat dikatakan bahwa baik pria maupun wanita dapat menjadi lebih kejam saat jatuh cinta. ** Baca juga: Hindari Dulu 5 Jenis Makanan Ini Selama Haid

Apakah Anda juga demikian? (ilj/bbs)

Berita Terbaru