oleh

Hindari Dulu 5 Jenis Makanan Ini Selama Haid

Kabar6-Bagi sebagian besar wanita, haid membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman atau fit. Berbagai gejala yang tidak menyenangkan seperti kram perut, mood yang berubah-ubah, perut kembung dan lain sebagainya harus dilalui selama haid.

Ternyata, gejala-gejala tadi dapat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi selama masa haid. Karena itulah, melansir Healthmeup, untuk mencegah munculnya gejala yang tidak menyenangkan, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama haid. Apa sajakah itu?

1. Kafein
Kafein adalah zat stimulan yang dapat memperburuk mood, nyeri menstruasi dan gangguan tidur. Jadi dianjurkan untuk membatasi asupan kafein selama haid. Jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi misalnya kopi, teh, minuman energi dan sejenisnya.

2. Daging berlemak
Lemak yang terdapat dalam daging adalah jenis lemak jenuh dan dapat memperburuk nyeri dan inflamasi selama masa kehamilan. Jika Anda tidak bisa menghindari untuk mengonsumsi daging selama haid, pastikan mengonsumsi daging tanpa lemak.

3. Camilan dan keripik
Camilan dan keripik biasanya mengandung sodium tinggi, sehingga bisa menimbulkan perut kembung dan ketidaknyamanan di perut. Sebaiknya, Anda mengganti jenis kudapan dengan yang lebih sehat seperti kacang tanpa garam atau bahkan dengan buah-buahan.

4. Gula
Makanan manis seperti permen, kue atau cake hanya dapat meningkatkan mood secara sementara, dan dengan segera dapat merusak mood Anda. ** Baca juga: Bangun Tidur Jangan Langsung Periksa Ponsel

Terlepas dari itu, makanan manis dapat menyebabkan perut kram. Jika Anda merasa membutuhkan sesuatu yang manis, dapat mencoba mengonsumsi buah seperti melon atau mangga.

5. Alkohol
Anda harus berhenti mengonsumsi alkohol selama masa haid, karena alkohol dapat menyebabkan darah encer sehingga dapat meningkatkan aliran darah. Alkohol juga dapat menyebabkan gejala lain seperti kram dan nyeri perut.

Perhatian jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi selama haid, agar Anda tetap merasa nyaman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru