oleh

Sering Duduk Terlalu Lama Memperpendek Usia?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah pekerjaan Anda saat ini mengharuskan duduk lama di belakang meja? Jika ya, mungkin penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Brasil ini perlu Anda pertimbangkan.

Penelitian ini menganalisa data dari 54 negara, yakni hubungan antara duduk yang lebih dari tiga jam setiap hari dengan 3,8 persen kematian yang terjadi.

Mengurangi waktu duduk menjadi kurang dari tiga jam setiap hari, dikutip dari blogdokter.net, dapat meningkatkan harapan hidup hingga rata rata 0,2 tahun atau lebih dari dua bulan, demikian menurut hasil penelitian tersebut.

Dijelaskan, duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan meskipun orang tersebut rajin berolahraga. ** Baca juga: Mitos & Faktar Seputar Menstruasi

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine ini juga menarik kesimpulan, pengurangan 10 persen dari waktu duduk, misalnya pengurangan 30 menit dari total waktu duduk setiap hari, sudah memberikan dampak yang segera bagi tubuh.

Peneliti dari University of Sao Paulo School of Medicine, di Brasil, Leandro Rezende, mengatakan meskipun banyak studi yang telah menyebutkan bahayanya duduk yang terlalu lama, namun sangat sulit untuk mengubah perilaku masyarakat terutama masyarakat perkotaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru