oleh

Sehari BBM Naik, Harga Kebutuhan Pokok Masih Cuek

Kabar6-Sehari pascadiberlakukannya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Selasa (18/11/2014), harga barang kebutuhan pokok di Tangerang masih tetap cuek.

Harga barang kebutuhan kiranya belum terpengaruh oleh kenaikan BBM alias masih sama dengan harga sehari sebelum naiknya harga BBM pada Senin (17/11/2014).

Kenaikan harga diprediksi baru akan terpengaruh efek kenaikan BBM pada esok hari, Rabu (19/11/2014). Itu mengingat moda transportasi yang digunakan untuk mengangkut barang kebutuhan sudah menggunakan harga baru BBM.

Pantauan di Pasar Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), harga kebutuhan yang paling dikeluhkan warga adalah cabai merah. Sejak sehari sebelum kenaikan BBM, harga cabai merah sudah tembus di angka Rp. 80.000 per Kilo Gram. Dan, hari ini, harga masih tetap belum beranjak.

Begitupun dengan harga cabai rawit merah masih bertahan di Rp. 70.000 per kilo gram dan Rp. 60.000 per kilo gram untuk cabai rawit hijau. “Harga kemungkinan naik besok, karena seluruh moda transportasi sudah menggunakan BBM harga baru. Kalau hari inikan masih mungkin pakai BBM kemarin,” ujar Dion, sayur mayur dan bumbu dapur di Pasar Serpong.

Seiring dengan kenaikan harga cabai yang begitu signifikan dalam satu bulan terakhir, Dion mengaku mensiasatinya dengan mengurangi pasokan, menyesuaikan dengan daya beli masyarakat.

Langkah itu guna menghindari kemungkinan merugi akibat sepinya pembeli, hingga mengakibatkan stok barang menumpuk dan busuk.

“Kalau normalnya (satu bulan lalu) saya nyetok barang (cabai) hingga lima puluh kilo perhari. Dan, bisa laku sampai empat puluh lima kilo. Tapi sekarang, saya cuma berani ambil tiga puluh kilo, itupun terkadang cuma habis sampai dua puluh kilo. karena, umumnya konsumen juga mengurangi pembelian,” ujar Dion lagi.

Kondisi serupa juga terlihat di Pasar Ciung, desa Margasari, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Harga kebutuhan pokok masih relatif stabil dari harga sehari menjelang kenaikan harga BBM.

“Harga masih sama seperti kemarin. Belum ada yang kenaikan berarti,” ujar Tajiah, pedagang sayur di Pasar Ciung. **Baca juga: Besok Demo, Hari Ini Buruh Temui Bupati Tangerang.

Harga kebutuhan lainnya yang masih stabil seperti minyak goreng Rp. 14.000 per liter, bawang merah Rp. 24 ribu per kilo gram, daging sapi Rp. 105.000 per kilo gram, begitupun dengan harga daging ayam negri Rp.35.000 per kilo gram. 

Pedagang berharap, pemerintah bisa menjaga stabilitas pasokan barang, agar tidak terjadi kelangkaan yang bisa berujung pada melambungnya harga. “Kalau pasokannya stabil, maka dijamin harga tidak akan melambung. Dan, kami tidak jadi sasaran kekesalan pelanggan,” ujar Tajiah lagi.(ir/shy)

Berita Terbaru