oleh

Sebelum Pulang Kerja, Bos Sebuah Perusahaan di Tiongkok Wajibkan Karyawannya Kirim Screenshot Pemakaian Baterai Ponsel

Kabar6-Hal yang dilakukan seorang bos sebuah perusahaan kecil di Wuhan, Tiongkok, memicu kontroversi setelah diketahui meminta karyawannya untuk mengirimkan screenshot (tangkapan layar) penggunaan baterai ponsel mereka sebelum pulang kerja.

Aturan aneh itu, melansir SCMP, diberlakukan karena si bos yakin bahwa kinerja buruk perusahaannya dalam beberapa bulan terakhir, terkait dengan berapa banyak waktu yang dihabiskan karyawan ‘bermain’ ponsel mereka ketimbang bekerja. Karena itulah, bos tadi memutuskan untuk mengatasi masalah tersebut dengan memeriksa penggunaan ponsel para karyawan setiap hari.

Menurut seorang karyawan yang menggunakan media sosial untuk mengekspos metode peningkatan produktivitas yang kontroversial, dia dan rekan-rekannya diminta masuk ke pengaturan telepon dan mengambil tangkapan layar dari grafik penggunaan baterai untuk hari itu dan mengirimkannya ke bos mereka.

“Ini keterlaluan, ketika sebuah perusahaan mulai melakukan hal-hal seperti ini, biasanya itu berarti akan menurun dan Anda dapat mulai berencana untuk berganti pekerjaan,” komentar netizen di Weibo. “Pelanggaran privasi yang jelas,” sahut yang lain. ** Baca juga: Mendekam Selama 19 Tahun di Penjara, Pria Meksiko Ini Dituduh Bunuh Orang yang Ternyata Masih Hidup

Beberapa sumber mengklaim, setelah aturan si bos menuai kontroversi online, presiden perusahaan mengeluarkan pernyataan publik yang menjelaskan bahwa metodenya tidak pernah tentang melanggar privasi karyawan, tetapi tentang meningkatkan produktivitas dengan memastikan mereka tidak memeriksa media sosial dan bermain video game di tempat kerja.(ilj/bbs)