oleh

Sebaiknya Tidak Konsumsi Makanan Ini dalam Kondisi Mentah

Kabar6-Sebagian orang gemar mengonsumsi makanan mentah yang diyakini dapat membantu turunkan berat badan, memperbaiki kesehatan kulit dan menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti jantung dan stroke.

Namun tahukah Anda, tidak semua makanan bisa dikonsumsi mentah? Hal ini karena sejumlah makanan tadi tidak mudah mengikuti proses alami tubuh, juga sebagian mengandung bakteri atau bahan kimia beracun. Melansir tempo.co, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi mentah:

1. Kentang
Tidak disarankan makan kentang dalam kondisi mentah karena mengandung senyawa beracun yang disebut solanine. Racun ini memang tidak dapat menyebabkan kematian, tapi kentang yang kulitnya sudah memiliki lapisan hijau meskipun sedikit, dapat menimbulkan sakit kepala, sakit perut, hingga kelumpuhan.

2. Kacang merah
Makanan tinggi protein ini juga dapat membahayakan kesehatan Anda jika tidak dimasak dengan benar. Kacang merah mengandung lektin, yang jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual, dan muntah.

Jadi sebelum dikonsumsi, sebaiknya Anda mengolah atau memasak kacang ini. Rendam kacang setidaknya lima jam lalu rebus hingga matang untuk menghindari masalah ini.

3. Hot dog atau sosis
Semua jenis daging bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dimakan mentah, termasuk hot dog atau sosis. Banyak orang yang mengonsumsi makanan ini dalam keadaan mentah karena dianggap telah dimasak.

Meski telah dimasak, hot dog atau sosis tetap harus dipanaskan sebelum dikonsumsi karena bisa mengandung bakteri dari proses pengolahannya.

4. Kecambah atau tauge
Sayuran yang sering dijadikan campuran karedok ini bisa mengandung bakteri berbahaya apabila dimakan mentah. Jadi, sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti wanita hamil, anak-anak, dan lansia.

5. Susu
Susu yang dikonsumsi langsung begitu diperah dari hewan, tanpa dipasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E coli dan Salmonella.

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau USFDA, susu mentah 150 kali lebih mungkin menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan daripada produk susu lainnya. ** Baca juga: Kualitas Tidur Tidak Maksimal Akibat 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan

6. Terong
Seperti kentang, terong juga mengandung solanin yang bisa membuat kesehatan Anda bermasalah. Semakin awal dipanen, semakin banyak kandungan racunnya. Sebagian orang juga bisa mengalami alergi karena makan terong.

Jadi disarankan mengonsumsi sejumlah makanan tadi dalam kondisi dimasak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru