oleh

‘Tanduk Setan’ yang Tumbuh Setinggi 10 Cm di Kepala Pria India Ini Akhirnya Dihilangkan

Kabar6-Kondisi tak biasa sekaligus langka dialami seorang pria asal India bernama Shyam Lal Yadav (74). Sebuah benjolan sebesar empat inci atau lebih dari 10 cm tumbuh di kepalanya.

Karena bentuknya itulah, orang-orang menyebut benjolan tadi sebagai ‘tanduk setan’. Melansir thesun, Yadav menjelaskan bahwa tanduk mirip unicorn itu muncul di kepalanya lima tahun yang lalu. Selama beberapa tahun, ia mencoba menghilangkannya dengan bantuan tukang cukur.

Lantaran tidak tahan merasakan sakit, pria yang bekerja sebagai petani ini akhirnya mencari bantuan ahli bedah. Benjolan yang tumbuh di kepala Yadav itu dianggap sebagai tanduk sebaceous, terbentuk dari keratin yang pada umumnya ditemukan di kuku kaki dan rambut manusia.

Ahli bedah saraf di Rumah Sakit Bhagyoday Tirth, kota Sagar, India, berhasil mengangkat benjolan tersebut dan Yadav kini mulai pulih.

“Sekira lima tahun yang lalu pasien telah melukai kepalanya dan kemudian benjolan mulai tumbuh,” kata Vishal Gajbhiye, dokter bedah rumah sakit setempat. ** Baca juga: Langka, Zebra dengan Corak Bintik-bintik Ditemukan di Kenya

Dijelaskan, “Awalnya, dia mengabaikannya karena tidak menyebabkan ketidaknyamanan. Juga, dia memotong pertumbuhan dengan bantuan tukang cukur lokal. Tetapi, ketika benjolan itu mengeras dan mulai tumbuh lebih jauh, ia mendatangi rumah sakit di Sagar.”

Yadav yang tinggal di desa Rahli, Madhya Pradesh, tersebut mengatakan bahwa benjolan telah bertambah besar sejak 2014. Penyebab munculnya tanduk masih belum diketahui, tetapi diyakini bahwa paparan radiasi atau sinar matahari dapat memicu kondisi tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru