oleh

Seba Baduy Masuk Dalam Kalender of Event Indonesia

Kabar6-Seba Baduy yang merupakan tradisi warga Baduy, Kabupaten Lebak dengan mendatangi Bapak Gede atau Gubernur Banten, akhirnya resmi masuk kedalam kalender of event Indonesia.

Tradisi tahunan di Provinsi Banten yang biasa dilaksanakan pada bulan Safar itu selalu ramai dikunjungi warga yang ingin melihat dari dekat.

Untuk menyaksikan iring-iringan ribuan warga dari suku Baduy, baik luar dan dalam saat tiba di Kota Serang, setelah sebelumnya menempuh perjalanan yang cukup jauh dari daerah Kanekes, Kabupaten Lebak dan berakhir di eks Pendopo Gubernur Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, pelaksanaan Seba Baduy di Provinsi Banten tahun ini didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dan saat ini masuk kedalam kalender of event Indonesia. “Seba Baduy masuk dalam kalender of event Indonesia,” kata Eneng, Minggu (5/5/2019).

Menurutnya, sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan seba baduy tahun ini berjalan sangat meriah, kata dia,l, salah satu yang paling ditunggu-tunggu pada pelaksanan acara seba baduy adalah penyerahan laksa kepada Gubernur Banten.

Menurutnya, penyerahan laksa kali ini dilakukan oleh warga Baduy dengan diwakili oleh Ki Jaro Tanggunan 12, Ayah Saidi Putra.

Penyerahan laksa diawali dengan pembacaan mantera berbahasa Sunda peninggalan para leluhur. Laksa sendiri merupakan simbol aspirasi masyarakat Baduy kepada Abah Gede alias Gubernur Banten. Laksa terbuat dari produk hasil panen terbaik waga Baduy.

**Baca juga: Suku Baduy Diberi PHP Pemda Sejak 2007.

Ritual Seba adalah rangkaian wajib setelah rangkaian adat Kawalu, Ngalaksa, dan terakhir Seba. Tradisi ini memiliki makna menjunjung tinggi amanat leluhur serta datang kepada pemerintah.

Sedangkan Seba bagi pihak pemerintah, menjadi saluran warga adat Baduy menyampaikan aspirasi mengenai kondisi masyarakat adatnya. (Den)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru