oleh

Sayangi Ginjal Melalui Konsumsi Makanan Ini

Kabar6-Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata, yang merupakan bagian dari sistem urin, dan berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

 

Karena pentingnya ginjal sebagai salah satu organ dalam tubuh manusia, kita pun harus menerapkan gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting agar ginjal senantiasa sehat.

 

Makanan apa yang dapat membantu ginjal menjadi sehat? ** Baca juga: Makan Terong Supaya Sehat

 

1. Paprika merah

Paprika merah dapat membantu memecah sisa-sisa limbah yang tidak terpakai dalam darah, sehingga sangat baik diberikan kepada orang yang memiliki penyakit ginjal.

 

2. Putih telur

Mengandung protein yang sehat dan kandungan fosfor yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sumber protein lainnya. Sebaliknya, orang yang bermasalah dengan ginjal, hindari mengonsumsi kuning telur.

 

3. Kembang kol

Merupakan sayuran yang dapat membuang semua limbah beracun dalam tubuh, karena mengandung indoles, glucosinolates, dan tiosianat, yang merupakan musuh bagi senyawa beracun.

 

4. Kubis

Mengandung phytochemical yang mampu menghilangkan radikal bebas perusak tubuh dan kulit, sehingga kulit bersinar alami.

 

5. Ikan

Lemak anti-inflamasi dan omega-3 yang terkandung dalam ikan, dapat mengurangi masalah pada ginjal.

 

6. Jus buah/sayur

Dua jenis jus ini dapat membuang sisa limbah yang tidak terpakai lagi dalam tubuh. Jus sayuran mengandung phytochemical, yang dapat mencegah gagal ginjal. Sementara jus buah, mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal.

 

Yuk, mulai sekarang kita terapkan pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang merugikan. (ilj)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru