oleh

Sampah Lebaran di Kota Kota Meningkat 100 Persen

Kabar6-Tingkat konsumsi masyarakat Kota Tangerang meningkat drastis saat lebaran. Hal itu terlihat dari meningkatnya volume sampah hingga 100 persen saat lebaran, dibandingkan hari biasa.

Umumnya, membludaknya volume sampah berasal dari pasar tradisional dan rumah tangga dikawasan pemukiman penduduk. 

“Pasca lebaran kali ini, volume sampah di Kota Tangerang naik dua kali lipat dibanding hari biasa,” kata Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangerang, Agus Sudrajat, Selasa (13/8/2013).

Menurut Agus, pada hari biasa volume sampah normal di Kota Tangerang sekitar 5.000 meter kubik per hari. Namun pascalebaran volume sampah yang dihasilkan sehari mencapai 10.000 meter kubik.

Peningkatan volume sampah itu berasal dari seluruh pasar tradisional di Kota Tangerang, serta sampah dari rumah tangga yang tersebar di 13 kecamatan se Kota Tangerang.

Agus menjelaskan, untuk menanggulangi problem sampah selama Ramadhan hingga usai Lebaran, pihaknya menerjunkan 300 dari 1.000 personil petugas kebersihan yang ada, dengan menyiagakan 140 unit truk sampah.

Sampah yang diangkut truk langsung dilarikan ke TPA Rawakucing. “Umumnya sampah lebih banyak dihasilkan pasar-pasar tradisional di Tangerang. Seperti pasar Malabar, pasar Anyar, pasar Tanah Tinggi dan pasar lainnya,” kata Agus.(rah)

Berita Terbaru