oleh

Rusia Kenakan Denda untuk Pemilik Mobil yang Enggan Bersihkan Kendaraannya

Kabar6-Mengendarai mobil dalam kondisi bersih dan terawat tentu saja enak dipandang mata, sekaligus membuat Anda nyaman sepanjang perjalanan. Kebiasaan pemilik mobil sendiri menentukan bersih tidaknya kendaraan itu.

Nah, apabila Anda termasuk orang yang jarang, bahkan malas membersihkan mobil, jangan coba-coba menerapkan hal ini di Rusia.

Mengapa demikian? di Rusia, melansir 100KPJ, pemilik mobil yang enggan membersihkan kendaraannya akan dikenakan denda tilang. Sebuah situs koran lokal Izvestiya melakukan survei pada pembacanya mengenai definisi kendaraan kotor yang dimaksud dalam aturan tersebut.

Sebanyak 46 persen menjawab, pengendara akan didenda jika pelat nomor kendaraan tidak terlihat jelas karena tertutup debu dan kotoran.

Selanjutnya, 23 persen mengatakan akan didenda jika kendaraan sudah sangat kotor. Sedangkan 22 persen mengungkapkan, jika kendaraan penuh debu dan mengaburkan warna, dan sisanya karena sopir tak terlihat dari luar.

Apabila pemilik mobil kedapatan melanggar aturan tersebut, siap-siap dikenai denda tilang hingga Rp700 ribu. Hal itu yang diberitakan laman Hotcars dalam artikelnya yang berjudul ‘Strange Traffic Rules That’ll Surprise Most Drivers’. ** Baca juga: Seorang Tukang Cat Tulis Kekesalannya pada Tembok Karena Tidak Dibayar

Menariknya, parameter ‘kotor’ pada aturan tersebut masih terkesan abu-abu. Malah kadang, keputusan mengenai layak atau tidaknya suatu mobil ditilang sepenuhnya ada di tangan kepolisian lalu lintas.

Itulah mengapa, sang pemilik diwajibkan memperhatikan seluruh bagian bodi saat hendak bepergian ke jalan raya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru