oleh

RSUD Kabupaten Tangerang: Sebetulnya Disini Tidak Bisa Cek Virus Corona

Kabar6-Pemerintah pusat telah menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang sebagai lokasi rujukan penanganan wabah virus corona. Tetapi pihak pengelola gelagapan saat didatangi sejumlah jurnalis yang ingin cek medis Senin kemarin.

Rasa cemas para media cukup beralasan. Mereka panik setelah adanya pengumuman bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terpapar virus corona.

Setibanya di RSUD Kabupaten Tangerang para jurnalis langsung digiring ke Gedung C Paviliun Wijaya lantai 2. Setiap oramg diminta untuk menuliskan nama pada selembar kertas dan membawa dua lembar fotokopi e-KTP.

Saat tiba pemanggilan nama, para wartawan ditanya oleh seorang pegawai rumah sakit terkait tujuan pemeriksaan. Namun ternyata, rumah sakit rujukan itu tidak bisa melayani pemeriksaan Covid-19.

“Sebetulnya, disini tidak bisa tes Virus Corona. Cuma bisa tes darah dan rotgen, itu pun belum bisa mengetahui positif atau negatifnya,” kata salah seorang pegawai setempat.

Mendapat informasi tersebut, para wartawan yang telah datang merasa kecewa. RSUD Kabupaten Tangerang ternyata tidak bisa melakukan pemeriksaan medis.

“Padahal ini rumah sakit rujukan, ternyata tidak bisa tes Corona, cuma bisa tes darah dam rotgen, itupun belum bisa mengetahui hasilnya. Ditambah, tidak ada swab hidung dan mulut,” ujar M, salah seorang wartawati media online wilayah Banten, Selasa (17/3/2020).

Ditambah, pemeriksaan rotgen dan tes darah itu ternyata tidak gratis alias bayar. Harga yang harus dibayarkan oleh jurnalis untuk cek medis senilai Rp211 ribu.

**Baca juga: Wabah Corona, UNBK SMA Sederajat di Banten Ditunda.

Padahal, Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan, jika tes corona bisa di rumah sakit rujukan dan tidak dipungut biaya, karena semua ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, berdasarkan informasi yang ia dapat, rumah sakit rujukan bisa melakukan tes. Namun memang untuk pengujiannya harus ke Litbankes. (Vee)

Berita Terbaru