oleh

Rano Karno Berpeluang Maju Lagi di Pilgub Banten, Zaki-Arief Bukan Prioritas Utama Partai

Kabar6-Direktur Lembaga Survei Paradigma Indonesia, Zulfian Hanief menyatakan Rano Karno mempunyai peluang untuk menjadi Calon Gubernur Banten. Pasalnya ia merupakan kader potensial yang dimiliki Partai PDI Perjuangan.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Arief R Wismansyah disebut belum menjadi prioritas utama partai, karena masih terganjal dengan nama-nama lainnya.

“Rano Karno memang kader potensial yang akan maju dari PDIP Perjuangan, setidaknya PDIP punya dua kader top leader diantaranya Rano Karno dan Mulyadi Jayabaya,” ujar Zulfian saat dimintai keterangan, Senin (8/8/2022).

Pengamat politik ini mengungkapkan di Banten sendiri paling tidak ada 3 partai politik yang memproduksi kadernya untuk maju di kontestasi pilkada Banten. Partai tersebut diantaranya partai Golkar ada Airin dan Zaki Iskandar, Partai Demokrat ada Iti Jayabaya dan Arief Wismansyah. Kemudian, PDIP ada Rano Karno dan Mulyadi Jayabaya.

“Dan ada Wahidin Halim dari Nasdem,” katanya.

Sedangkan jika Rano Karno mau mencari wakil minimal ada 2 kriteria. Pertama, kata Zulfian, wakil yang akan di ambil oleh RK representasinya harus dari Banten Barat (Serang Raya dan Cilegon, Pandeglang). Lalu kedua, jika mengambil wakil dari Demokrat atau Golkar, maka pastikan dulu di keduanya tidak terjadi konflik interes.

“Karena Golkar juga akan menjagokan Airin untuk maju sebagai Cagub, begitu Iti Jayabaya disiapkan juga maju,” ungkapnya.

“Artinya posisi Arief dan Zaki sebenarnya bukan jadi prioritas utama di partainya, kecuali mereka mau lompat pagar dan siap diwarnai dan dukung oleh partai lain,” sambungnya.

Sebelumnya, Anggota DPR RI, Rano Karno bertemu Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di GOR Dimyati, Kota Tangerang, Sabtu (6/8/2022). Pertemuan tersebut bersamaan saat pembukaan turnamen Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Cup.

Mantan Gubernur Banten dan Wali Kota Tangerang itu kerap terpantau tengah berbincang-bincang. Namun perbincangan itu tidak diketahui membahas tentang apa saja. Belakangan ini Rano Karno, kerap kali isu berhembus dan bermesraan dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk maju di Pilgub Banten 2024 mendatang.

Rano mengatakan pemilihan gubernur Banten masih lama. Menurutnya, jika partai memerintahkan untuk maju di Pilgub Banten 2024 mendatang dikatakan siap.

**Baca juga: Dipercaya Para Alumni, Haji Balak Nahkodai Ketua ILUNI 80

“Masih panjang. Siap maju kalau perintahnya begitu (maju Pilgub) tergantung pak Andri (Sekretaris DPC PDI-P Kota Tangerang) aja,” ujar Rano saat dimintai keterangan.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan pertemuan dengan Zaki Iskandar dan Arief R Wismansyah merupakan pertemuan teman lama. Diketahui, sebelum Rano sempat memimpin Provinsi Banten, dan 2 orang tersebut Kepala Daerah di masing-masing Kabupaten/Kota Tangerang. (Oke)