oleh

Pria Ini Lunasi Seluruh Utang Pendidikan Ratusan Mahasiswa di AS

Kabar6-Robert F Smith (56), seorang dermawan kulit hitam paling terkemuka di Amerika sekaligus miliarder perusahaan investor teknologi, mengumumkan bahwa dirinya akan melunasi seluruh utang pendidikan para mahasiswa dari Morehouse College, Atlanta, Georgia, yang lulus beberapa waktu lalu.

Jumlah para mahasiswa yang akan dilunasi utangnya itu, melansir theguardian, sebanyak hampir 400 mahasiswa. Morehouse College sendiri adalah perguruan tinggi khusus laki-laki kulit hitam. Diketahui, Smith merupakan pendiri perusahaan ekuitas swasta Vista Equity Partners pada 2000 dengan berinvestasi pada perusahaan perangkat lunak.

Saat ini kekayaannya menurut Forbes ditaksir sekira Rp72 triliun. “Atas nama delapan generasi keluarga saya yang berada di negara ini, kami akan memberi sedikir bahan bakar untuk bus Anda,” kata Smith kepada para wisudawan. “Ini adalah kelas saya, 2019. Dan keluarga saya memberikan hibah untuk menghapuskan seluruh kredit pendidikan mereka.”

Smith berada di sekolah tersebut untuk menerima gelar doktor kehormatan dan mengumumkan pemberian donasi kepada Morehouse College sebesar sekira Rp21 miliar. Namun belum diketahui berapa besar total utang pendidikan para mahasiswa yang akan dilunasi oleh Smith. Diperkirakan setidaknya mencapai sekira Rp144 miliar bahkan kemungkinan lebih banyak lagi.

Aaron Mitchom (22), salah satu mahasiswa yang lulus, mengaku terkejut dengan kabar yang didengarnya. Pria muda itu tidak bisa menahan air matanya saat mengetahui jika dia tidak perlu membayar pinjaman sebesar Rp2,8 miliar yang diambil untuk mendanai studinya. “Saya terkejut. Jantung saya berdegup kencang. Kami semua menangis. Saat itu rasanya seperti semua beban telah dilepaskan,” katanya. ** Baca juga: Sebuah Firma Arsitektur Menangkan Kompetisi Rumah untuk Planet Mars

Rezeki nomplok.(ilj/bbs)

Berita Terbaru