oleh

Sebuah Firma Arsitektur Menangkan Kompetisi Rumah untuk Planet Mars

Kabar6-Sebuah kompetisi untuk mendesain hunian yang bisa digunakan di Mars, dimenangkan oleh AI SpaceFactory, firma arsitektur yang berbasis di New York. Kompetisi bertajuk 3D-Printed Habitat Challenge yang dimulai sejak 2015 ini, diikuti oleh beberapa perusahaan swasta.

Dalam kompetisi tersebut, melansir Medcom, NASA meminta arsitek membangun tempat berlindung yang berkelanjutan di luar angkasa, dan bisa memanfaatkan sumber daya yang tersedia. NASA juga memberikan syarat dalam kompetisi seperti menggunakan pencetakan 3D, modeling software, pengembangan bahan dan konstruksi.

Tim AI SpaceFactory yang keluar sebagai pemenang, telah membangun hunian luar angkasa tersebut selama 30 jam di Caterpillar, Edwards, Illinois. Hunian berbentuk elips ini dibangun menggunakan bahan daur ulang dan yang mudah dikembangkan di Mars. Material kompositnya terbuat dari serat basaltik.

Sementara bioplastik dari zat tepung akan dikirim dari Bumi. Material tersebut kemudian dimasukkan ke mesin pencetak yang langsung mencetaknya ke dalam lapisan. ** Baca juga: Viral, Seorang Reporter Gunakan Ludah untuk Rapikan Rambut Sebelum Siaran Langsung

Penn State menggunakan beton untuk membuat struktur dengan dua kubah. Setelah proses pencetakan selesai, struktur bangunan kemudian diukur kemampuannya untuk menahan atmosfer, toleransi untuk menahan dampak meteor, dan kekuatan keseluruhan.

Siap-siap tinggal di Mars? (ilj/bbs)

Berita Terbaru