oleh

Presiden Jokowi ke Banten Sebut Defisit Transaksi Berjalan Belum Teratasi

Kabar6-Presiden RI Joko WIdodo meresmikan pabrik baru Polyethylene PT Chandra Asri senilai Rp 5,3 trilun di Kawasan Industri Petrokimia, Gunungsugih, Ciwandan Kota Cilegon, Jumat (06/12/2019).

Dalam kunjungannya itu, pihaknya mengaku transaksi berjalan seperti selama ini terjadi, masih belum tertangani sepenuhnya.

Masalahnya, nilai ekspor Indonesia jauh lebih kecil dibandingkan impor. Kebanyakan bahan baku masih impor. Termasuk di dalamnya yang paling besar adalah petrokimia.

Dengan hasil produksi yang cukup besar, 4 juta ton, lanjut Jokowi, keberadaan pabrik didalam negeri sangat prospek. Terutama dalam membantu mengatasi defisit transaksi berjalan tersebut.

Turut serta dalam peresmian tersebut Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden Direktur PT Chandra Asri, serta Presiden Direktur PT Barito Pacific. Turut mendampingi Presiden RI adalah Menteri BUMN RI Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Sementara itu, Presiden Direktur Chandra Asri melaporkan, nantinya pabrik baru ini akan menyerap sebanyak 25.000 pekerja. Termasuk tenaga kerja ahli seperti engineer.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengaku akan mempermudah investasi dan akan terus meningkatkan rasa aman bagi inveator yang masuk ke Banten.

“Kita berupaya memangkas aturan dan mempermudah investasi di Banten, meningkatkan rasa aman berinvestasi, serta meningkatkan hubungan perburuhan yang kondusif.” Kata WH, melalui pres rilis Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Banten.

**Baca juga: Satlantas Polres Cilegon, Cek Kesiapan Operasi Lilin dan Libur Nataru.

Usai meresmikan Pabrik New Polyethylene PT. Chandra Asri, Presiden Jokowi melakukan sholat Jum’at di Masjid Agung Al-Ikhlas Kota Cilegon. Menyapa Nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), di Alun-alun Cilegon dan terakhir meresmikan Jalan Tol Jor II Ruas Kunciran – Serpong bertempat di Gerbang Tol Parigi, Graha Raya Bintaro, Kota Tangsel.

Sebagai informasi, Jalan tol Kunciran – Serpong merupakan salah satu ruas dari enam ruas tol yang menjadi bagian proyek JORR II dengan panjang hingga 11,19 Km. Terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 Ruas Kunciran-Parigi sepanjang 6,711 Km dan Paket 2 Ruas Parigi-Serpong sepanjang 4,424 Km. (Den)

Berita Terbaru