oleh

PKB Lebak Desak Menag Yaqut Minta Maaf soal Analogi Azan dengan Gonggongan Anjing

Kabar6-Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lebak Acep Dimyati menyesalkan pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menganalogikan suara azan dengan gonggongan anjing.

Acep mendesak Yaqut segera meminta maaf. Menurutnya, analogi yang dipakai Yaqut saat menjelaskan pedoman penggunaan pengeras suara masjid dan musala sangat tidak tepat.

“Sangat-sangat tidak tepat menganalogikan suara azan dengan gonggongan anjing. Saya harap Menag bisa segera meminta maaf karena apa yang dia sampaikan sudah menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat,” kata Acep kepada Kabar6.com, Kamis (24/2/2022).

“Secepatnya minta maaf, karena kalau dibiarkan berlarut-larut saya takut akan terus bergejolak,” timpal Wakil Ketua Komisi III DPRD Lebak ini.

**Baca Juga:Waketum PAN Minta Yaqut Ralat Umpama Azan dengan Gonggongan Anjing

Menurut Acep, aturan penggunaan pengeras suara atau toa masjid dan musala menimbulkan gejolak di tengah masyarakat. Ia menyebut, tidak ada urgensinya Menag mengeluarkan edaran yang mengatur pengeras suara.

“Tidak perlu sampai diatur secara nasional seperti ini. Sekarang berapa banyak orang yang mempersoalkan masalah azan? Kalau pun ada itu hanya sebagian kecil dan bisa diatur sesuai dengan norma di lingkungan masjid atau musala tersebut,” katanya.(Nda)