oleh

Pilot di Australia dalam Kondisi Tak Sadarkan Diri Terbangkan Pesawat Selama 40 Menit

Kabar6-Penyelidikan oleh Australian Transport Safety Bureau (ATSB) menemukan, seorang pilot peserta pelatihan tidak tidur semalaman sebelum penerbangan, dan hanya mengonsumsi cokelat, minuman energi dan air.

Akibatnya, melansir Independent, pilot tadi terbang tak sadarkan diri selama 40 menit di Australia, sehingga tak menjawab panggilan ruang kontrol lalu lintas udara. Pilot yang tak diungkap identitasnya itu menerbangkan penerbangan navigasi solo dari bandara Port Augusta di Australia Selatan ke Parafield di luar Adelaide, ketika insiden tadi terjadi.

Sekira 40 menit dalam perjalanan, saat terbang pada ketinggian 5.500 kaki (1.600 meter), ia mengalami sakit kepala, dan menyalakan autopilot. “Tak lama setelah itu, pilot menjadi tidak sadar,” demikian bunyi. Dia kemudian pingsan selama 40 menit.

Menurut ATSB, petugas kontrol lalu lintas udara melakukan beberapa upaya untuk menghubungi pilot tetapi tidak berhasil. Pesawat lain di dekatnya kemudian melihat pesawat itu, yang kemudian terbang di atas udara di barat daya Adelaide, dan melaporkan bahwa pilot telah sadar kembali.

Pilot kemudian kembali ke Parafield di bawah pengawalan pesawat lain. Laporan menyebutkan, “Pilot mengaku malam sebelum penerbangan ia menderita kegelisahan karena baru pulih dari flu ringan.” ** Baca juga: Tragis, Mata Wanita Brasil Ini Buta Usai Operasi Sedot Lemak

“Pada hari penerbangan, pilot tidak mengonsumsi sarapan apa pun sebelum berangkat dari Parafield ke Port Augusta,” jelas ATSB. “Selama penerbangan dari Parafield ke Port Augusta, pilot hanya mengonsumsi sebotol Gatorade, air dan cokelat batangan selama singgah di Port Augusta.”

Hasil penyelidikan mengungkapkan, sekolah penerbangan mengatakan akan memastikan siswa beristirahat dengan baik sebelum penerbangan dan menekankan pentingnya manajemen kelelahan.

Menurut ATSB, siswa penerbangan juga harus merinci jumlah tidur yang mereka dapatkan dalam 48 jam sebelumnya, kapan terakhir mereka makan, dan jenis makanannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru